Studi: Vitamin C Bantu Kesehatan Tulang yang Sehat

August 30, 2020 | Iman

Buah vitamin c

Setiap orang menginginkan sendi dan tulang yang sehat hingga usia senja. Selama ini kita kenal kalsium dan Vitamin D sebagai mikronutrien yang membuat tulang sehat dan terutama mencegah osteoporosis. Tapi tahukah Anda jika vitamin C juga berperan penting dalam Kesehatan tulang?

Sebuah studi di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa vitain C memberi manfaat yang telah penting bagi tulang. Para peneliti melihat studi yang diterbitkan antara tahun 2000 dan 2020 terkait dengan vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat), antioksidan, pertumbuhan dan reabsorpsi tulang, osteoporosis, dan pengeroposan tulang, serta meninjau total 66 studi lampau.

Mereka menemukan bahwa vitamin C memiliki efek menguntungkan pada pertumbuhan dan reabsorpsi tulang, dan itu dapat membantu mencegah osteoporosis. Satu catatan penting adalah bahwa para peneliti menemukan asam askorbat sendiri tidak dapat menggantikan manfaat yang didokumentasikan dari terapi penggantian estrogen dan suplemen kalsium.

“Kondisi itu kemungkinan karena vitamin C adalah antioksidan penting dan terlibat dalam fungsi dan pemeliharaan beberapa sel dalam tubuh,” menurut seorang ahli diet olahraga daru Ohio, Kacie Vavrek.

Vavrek berpendapat bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa vitamin memiliki efek positif pada pembentukan tulang dengan merangsang kolagen protein di tulang, dan juga menyebabkan peningkatan kepadatan mineral tulang. Vitamin ini juga digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk tendon, ligamen, dan pembuluh darah, dan membantu penyerapan zat besi.

YesDok Ads

Sementara asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria dewasa. Selain meningkatkan kesehatan tulang Anda, vitamin C juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Meski Vitamin ini bermanfaat, bukan berarti Anda dapat menambah dosis seenaknya. “Terlalu banyak dosis vitamin C dapat menyebabkan diare, mual, mulas, gastritis, kelelahan, sakit kepala, dan insomnia,” kata Vavrek.

Seperti jenis vitamin dan mineral lainnya, Vavrek menyarankan agar Anda menyediakan banyak makanan bervitamin C di lemari es Anda. Bagaimanapun juga memilih makanan utuh lebih baik daripada sekadar konsumsi suplemen.

Mengikuti diet yang tepat dan seimbang tampaknya menjadi pendekatan yang paling tepat bagi Kesehatan Anda keseluruhan. “Jadi, makanlah makanan kaya vitamin C seperti brokoli, kubis, kembang kol, paprika merah, tomat, kiwi, lemon, stroberi, dan jeruk setiap hari,” Vavrek menambahkan.

YesDok Ads