Studi: Tidak Ada Batas Aman Konsumsi Kopi untuk Ibu Hamil

February 02, 2021 | Helmi

kopi

Menurut sebuah studi tentang bukti internasional tentang kafein dan kehamilan, wanita hamil harus menghentikan konsumsi kopi sepenuhnya untuk membantu menghindari keguguran, berat badan lahir rendah dan berbagai masalah lainnya.

Bertentangan dengan pedoman resmi di Inggris, AS, dan Eropa, tidak ada tingkat yang aman untuk konsumsi kafein selama kehamilan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Evidence-Based Medicine.

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengakui penelitian yang menunjukkan kelebihan asupan kafein dapat dikaitkan dengan pertumbuhan terbatas, penurunan berat badan lahir, kelahiran prematur atau lahir mati.

Dianjurkan agar wanita hamil yang mengonsumsi lebih dari 300mg per hari harus mengurangi konsumsi kafein.

YesDok Ads

Penelitian baru oleh Prof Jack James, dari Universitas Reykjavik, menemukan bahwa, "Bukti ilmiah kumulatif mendukung wanita hamil dan wanita yang mempertimbangkan kehamilan disarankan untuk menghindari kafein.”

James mengatakan delapan dari setiap sembilan studi tentang kafein dan keguguran melaporkan "hubungan yang signifikan". Beberapa menyarankan konsumsi meningkatkan risiko sepertiga, dan yang lain mengatakan risiko meningkat dengan setiap cangkir kopi tambahan.

James mengatakan penyebabnya mungkin karena hubungan yang diamati antara jumlah kafein yang dikonsumsi selama kehamilan dan risiko hasil kehamilan yang negatif.

(Foto: Coffee)

YesDok Ads