Studi: Terlalu Banyak Minum Kopi Memberikan Efek Merugikan ke Otak

September 09, 2021 | Helmi

kopi

Banyak orang yang mengkonsumsi kopi untuk menemani aktivitas hariannya. Namun sebuah studi baru menemukan bahwa minum terlalu banyak kopi dapat memiliki efek yang merugikan pada otak.

Studi yang dilakukan oleh Australian Centre for Precision Health di South Australian Health and Medical Research Institute, menemukan bahwa minum enam cangkir kopi atau lebih per hari dikaitkan dengan 53 persen peningkatan risiko demensia, serta peningkatan yang signifikan pada risiko stroke.

Para ilmuwan menggunakan pencitraan otak untuk juga menetapkan bahwa konsumsi kopi berat juga dikaitkan dengan penyusutan otak.

YesDok Ads

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience ini merupakan penelitian terbesar yang pernah dilakukan, berdasarkan 17.702 peserta berusia antara 30 dan 37 tahun.

“Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Namun dengan konsumsi global lebih dari sembilan miliar kilogram per tahun, penting bagi kita untuk memahami potensi implikasi kesehatan apa pun,” kata Kitty Pham, kandidat PhD di University of South Australia, yang memimpin tim peneliti internasional.

“Ini adalah penyelidikan paling ekstensif tentang hubungan antara kopi, pengukuran volume otak, risiko demensia, dan risiko stroke,” lanjut Pham. “Pada dasarnya, minum lebih dari enam cangkir kopi sehari dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit otak seperti demensia dan stroke.”

YesDok Ads