0 Point
Sikat gigi

Studi: Rutin Sikat Gigi pada Periode ini Dikaitkan dengan Umur Panjang

Kebersihan mulut merupakan salah satu faktor utama. Menjaga mulut agar tetap bersih dapat memberi manfaat kesehatan yang tidak terduga.

Terlebih lagi, menyikat gigi pada waktu tertentu juga dikaitkan dengan umur panjang yang lebih baik. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Aging telah menemukan bahwa kesehatan mulut yang baik berkontribusi pada umur panjang.

Studi tersebut mempelajari hubungan perilaku kesehatan gigi dan susunan atau kondisi gigi pada semua penyebab kematian pada 5.611 orang dewasa yang lebih tua dari tahun 1992 hingga 2009 dan menghitung perkiraan risiko pada pria dan wanita secara terpisah. Variabel seperti jenis kelamin, indeks massa tubuh (BMI), pendidikan, status merokok dan riwayat penyakit kronis peserta diperhitungkan sebelum sampai pada kesimpulan.

Para peneliti menemukan bahwa menyikat gigi di malam hari sebelum tidur dikaitkan dengan umur panjang. Selanjutnya, kebiasaan kebersihan mulut yang sehat seperti menggunakan benang gigi setiap hari dan mengunjungi dokter gigi juga dikaitkan dengan umur panjang.

Melewatkan kunjungan dokter gigi dalam 1 tahun terakhir meningkatkan risiko kematian sebesar 30-50 persen, dibandingkan dengan mengunjungi dokter gigi dua kali atau lebih.

Di sisi lain, para peneliti menemukan bahwa tidak pernah menyikat gigi di malam hari meningkatkan risiko kematian sebesar 20-35 persen, dibandingkan dengan menyikat gigi setiap hari. Juga, tidak pernah flossing meningkatkan risiko kematian sebesar 30 persen, dibandingkan dengan flossing setiap hari.

Dengan meningkatnya jumlah gigi yang hilang, angka kematian Anda juga meningkat. Para peneliti menemukan bahwa orang ompong memiliki risiko kematian 30 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang memiliki 20 gigi lebih.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Community Dentistry and Oral Epidemiology juga menunjukkan bahwa menjaga kesehatan gigi tampaknya meningkatkan kelangsungan hidup pada orang dewasa.

Studi ini menemukan bahwa orang-orang dengan 20 gigi atau lebih pada usia 70 memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hidup lebih lama daripada orang-orang yang memiliki kurang dari 20 gigi.

Terlepas dari umur panjang, indikator kesehatan mulut telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan umum seperti penyakit jantung, serangan jantung, stroke, diabetes, demensia, dan masalah selama kehamilan.

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut

Untuk menjaga kesehatan mulut, para ahli merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Anda harus mengurangi seberapa sering Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis dan berkumur atau berkumur setelah setiap makan.

Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit apa pun dan juga akan membantu meningkatkan senyum Anda. Merawat gigi dengan baik tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan mulut Anda, tetapi juga akan berdampak positif bagi seluruh tubuh.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok