Studi: Puasa Memengaruhi Jantung dan Tekanan Darah

April 15, 2021 | Iman

Jantung

Di bulan Ramadan, setiap muslim diwajibkan berpuasa. Tapi di balik itu semua, ada hubungan antara puasa dan kesehatan yang sebetulnya telah terjalin lama. Ayurveda, sebuah ilmu kesehatan yang berasal dari negara India meyakini bahwa puasa punya manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Apakah Anda berpuasa karena alasan agama atau sebagai pilihan gaya hidup, dampaknya terhadap kesehatan Anda tetap sama. Sebuah studi mengamini jika puasa membantu mengeluarkan racun dari tubuh, membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit metabolik dan kronis. Selain itu puasa juga baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah pada sebagian orang.

Menghindari makan dalam jangka waktu tertentu dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengontrol diabetes, dan mencegah obesitas. Semua hal ini adalah alasan untuk mengembangkan komplikasi terkait jantung seperti stroke dan serangan jantung. Memantau semua hal ini secara otomatis dapat mengurangi risiko masalah kardiovaskular hingga 80 persen.

YesDok Ads

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa puasa dapat menurunkan komplikasi terkait jantung dan meningkatkan umur panjang. Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang yang mengikuti diet puasa mungkin memiliki kesehatan jantung yang lebih baik daripada orang yang tidak. Kondisi itu karena orang yang secara rutin berpuasa pandai mengontrol asupan kalori mereka, yang pada gilirannya membantu mereka mengurangi berat badan dan membuat pilihan makan yang lebih baik.

Puasa aman untuk semua orang dan tidak berimplikasi buruk pada kesehatan kita. Tetapi ketika menderita kondisi kesehatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba sesuatu yang baru. Ada beberapa panduan dasar sebelum Anda berpuasa:

  • Wanita hamil atau menyusui
  • Anak-anak dan remaja
  • Orang yang berurusan dengan gangguan makan
  • Penderita diabetes tipe 2
  • Penderita penyakit kronis lainnya

Sebelum berpuasa, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara melakukannya, apa yang harus Anda miliki saat berbuka puasa dan hal-hal apa yang perlu Anda jaga agar tidak terjadi komplikasi. Adapun 4 hal dasar yang perlu Anda ketahui tentang puasa adalah:

  • Pertahankan periode puasa Anda. Jangan berpuasa lebih dari 24 jam secara berurutan. Melakukannya mungkin tidak baik untuk kesehatan.
  • Tetap terhidrasi. Minum banyak air untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, sembelit, dan kelelahan.
  • Jangan berbuka puasa dengan “balas dendam”. Saat Anda berbuka, makanlah makanan kecil terlebih dahulu yang penuh protein dan nutrisi sehat. Mengakhiri puasa dengan pesta akan membuat Anda merasa lesu.
  • Jangan berpuasa jika sakit. Jika Anda merasa tidak enak badan maka lewati puasa. Kesehatan Anda adalah hal terpenting.
  • Hindari melakukan aktivitas berdampak tinggi. Tingkat energi Anda umumnya rendah pada hari-hari puasa dan melakukan aktivitas fisik apa pun dapat membuat Anda merasa lemah.
YesDok Ads