Studi: Penggunaan Vape Bikin Gigi Mudah Rusak

November 28, 2022 | Helmi

vape

Bukti baru menunjukkan bahwa vaping menghasilkan efek buruk bagi kesehatan gigi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Dental Association menemukan bahwa orang yang menggunakan vape berisiko lebih tinggi terkena kerusakan gigi dan penyakit periodontal.

“Bukti tentang potensi efek kesehatan mulut dari vaping masih langka dan ada data terbatas tentang kemungkinan kaitan dengan karies dan penyakit periodontal. Penulis menilai hubungan antara rokok elektrik (e-cigarette) atau penggunaan vape dan tingkat risiko karies,” tulis penelitian tersebut.

Para peneliti melakukan studi cross-sectional menggunakan catatan pasien dari 13.098 orang yang menghadiri klinik gigi dari 1 Januari 2019 hingga 1 Januari 2022. Kebanyakan dari mereka tidak melakukan vape (99,3%), sementara hanya sedikit ( 0,69%) mengaku menggunakan rokok elektrik. Di antara pengguna, 79% memiliki risiko yang signifikan terhadap gigi berlubang.

Tim membangun hubungan antara penggunaan vape atau rokok elektrik dan tingkat risiko karies pasien. Mereka menemukan bahwa mereka yang melakukan vaping memiliki risiko lebih tinggi terkena karies gigi.

Berdasarkan survei tahun 2022 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, sekitar 2,55 juta siswa sekolah menengah dan atas di negara tersebut menggunakan rokok elektrik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mereka berisiko menderita kerusakan gigi dan penyakit periodontal.

YesDok Ads

Karena vaping tampaknya menyebabkan gigi berlubang, pengguna berisiko kehilangan gigi jika tidak ditangani. Beberapa penelitian laboratorium juga menemukan bahwa uap dari rokok elektrik dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat di bulan tersebut, menurut US News & World Report.

Ketua Peneliti, Dr. Karina Irusa, yang juga Asisten profesor perawatan komprehensif di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Tufts di Boston lebih lanjut menjelaskan bahwa bakteri gigi penyebab pembusukan tampaknya menjadi lebih ganas dan agresif saat terpapar uap yang dihasilkan oleh rokok elektrik.

Jennifer Genuardi, MD, seorang internis dan dokter anak di Urban Health Plan di New York City, bereaksi terhadap penelitian tersebut, dengan mengatakan bahwa temuan tersebut tidak mengejutkan.

Genuardi, yang bukan bagian dari tim peneliti, mengatakan kepada Medscape bahwa bahan yang ditemukan dalam rokok elektrik berkontribusi pada pertumbuhan berlebih bakteri penyebab gigi berlubang di mulut.

“Kami belajar setiap hari lebih banyak tentang bahaya vaping. Ada fokus penelitian hari ini tentang efek tindakan pada microbiome kita dan efek selanjutnya pada kesehatan kita, ”kata Genuardi.

YesDok Ads