0 Point
Pengering tangan

Studi: Pengering Tangan Menyebarkan Lebih Banyak Kuman Dibandingkan Tisu

Selama pandemi Covid-19, banyak bisnis telah beralih ke metode tanpa sentuhan untuk mengurangi peluang penyebaran kuman. Mulai  restoran yang menyediakan kode QR untuk system pembayaran hingga pengering tangan.

Namun, menurut sebuah studi baru menyebut jika mengenakan pengering tangan tak higienis seperti yang kita kira. Pengering udara berkecepatan tinggi sebenarnya dapat meninggalkan lebih banyak kontaminasi di tangan Anda daripada tisu.

Seorang dokter bersertifikat dan direktur Klinik Penyakit Menular & Pengobatan Tropis di University of Washington Medical Center-Montlake, Paul S. Pottinger mencoba untuk memahami apakah metode pengeringan tangan dapat memengaruhi penyebaran kuman di lingkungan rumah sakit.

“Untuk memahami itu, kami mensimulasikan tangan yang terkontaminasi dengan merawat tangan dengan virus yang tidak berbahaya, kemudian meminta peserta untuk mengeringkan tangan mereka, baik menggunakan tisu atau menggunakan pengering udara,” kata Pottinger.

Ketika para peneliti membandingkan dua metode pengeringan, mereka menemukan bahwa orang yang mengeringkan tangan mereka menggunakan pengering udara telah menyebarkan lebih banyak virus. Sayangnya, peneliti tidak dapat menerapkan temuan dari studi khusus ini dalam upaya kami melawan Covid-19, hanya virus biasa.

Menurut Robert Smith, PhD, asisten profesor di departemen ilmu biologi di Nova Southeastern University Halmos College of Arts and Sciences menyebut ada beberapa masalah dengan penelitian ini.

“Ukuran sampel sangat, sangat kecil untuk penelitian seperti ini. Untuk memiliki perubahan dalam cara berpikir kami tentang mencuci tangan, penelitian harus berskala besar dan direncanakan dengan lebih baik,” kata Smith.

Tetapi sementara kondisi ekstrim dari penelitian khusus ini mungkin tidak sepenuhnya berlaku untuk situasi dunia nyata, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa pengering udara panas dapat meniupkan sejumlah besar spora dari udara kamar mandi langsung ke tangan Anda.
Pada dasarnya, pengering udara mungkin membasahi tangan Anda dengan bakteri dalam dosis besar, termasuk beberapa yang biasanya ditemukan dalam beristinja.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mencuci tangan yang tepat?

Pottinger mengatakan yang terpenting adalah mencuci tangan dengan hati-hati menggunakan sabun dan air minimal 30 detik. Smith juga menambahkan bahwa pilihan terbaik kedua untuk mencuci tangan adalah menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60 persen alkohol.

“Bagaimanapun, bahwa metode ini tidak membunuh mikroba seefektif sabun, air, dan teknik mencuci tangan yang benar,” Smith menambahkan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok