0 Point
older

Studi: Orang Tua yang Terus Merasa Muda Bisa Hidup Lebih Sehat

Anda bisa melawan efek merusak dari stres hanya dengan merasa lebih muda. Ini menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh American Psychological Association dalam jurnal Psychology and Aging.

Peneliti dari Pusat Gerontologi Jerman menganalisis data selama 3 tahun dari 5.039 peserta berusia di atas 40 tahun dalam Survei Penuaan Jerman.

Mereka menanyai orang-orang tentang hubungan yang mereka rasakan dengan stres dan perasaan kesehatan atau perasaan sejahtera mereka secara keseluruhan.

Usia subyektif, atau usia partisipan, memberikan semacam efek perlindungan terhadap stres. Peserta yang melaporkan lebih banyak stres dalam hidup mereka mengalami penurunan kesehatan fungsional yang lebih tajam selama 3 tahun. Hubungan ini lebih kuat untuk peserta yang lebih tua secara kronologis.

Merasa lebih muda dari usia mereka dikaitkan dengan hubungan yang lebih lemah antara stres dan kesehatan fungsional. Manfaat ini terlihat meningkat seiring bertambahnya usia peserta juga.

Dengan kata lain, merasa lebih muda dari Anda membantu menahan efek stres. Ini dapat berperan dalam menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sebelumnya telah memberi tahu orang-orang bahwa usia jantung mereka bisa melebihi usia sebenarnya karena faktor gaya hidup seperti stres. 

Tapi apa sebenarnya artinya "merasa lebih muda"? “Merasa lebih muda adalah sikap suka bermain, fleksibilitas emosional, dan condong ke kreativitas,” kata Akua K. Boateng, PhD, LPC, psikoterapis berlisensi di Philadelphia.

Boateng mengatakan kepada Healthline bahwa penelitian ini meningkatkan pemahaman klinisnya bahwa merasa lebih muda, dengan tidak adanya stres yang ekstrem, memang mempengaruhi umur panjang.

“Sebagai seorang dokter, saya telah melihat efek merusak dari stres pada kehidupan emosional,” katanya. "Bertahun-tahun trauma, kecemasan, dan stres kronis mengikis kemampuan kita untuk bertanya-tanya, menjadi kreatif, dan mencari petualangan."

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Nah, para ahli mengatakan bahwa merasa lebih muda bisa sesederhana mengubah pola pikir Anda.

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri berapa usia Anda hari ini. Kemudian, lakukan upaya sadar untuk memasukkan modifikasi gaya hidup berikut ke dalam rutinitas harian Anda. Seiring waktu, perubahan kecil dapat mengubah hidup Anda sepenuhnya.

Boateng juga membagikan tips gaya hidupnya untuk merasa lebih muda:

  • Bermain. Gabungkan permainan ke dalam jadwal mingguan Anda (misalnya, game, olahraga, atau interaksi sosial).
  • Tertawa. Lakukan kegiatan yang membuat Anda tertawa setidaknya sekali sehari.
  • Belajar. Mulailah sebuah hobi yang memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru atau melanjutkan belajar.
  • Jelajahi. Tingkatkan keingintahuan Anda (ajukan pertanyaan tentang apa yang dirasa belum Anda ketahui).

National Institute on Aging menyarankan untuk mengatasi stres dengan cara lain, termasuk:

  • bermeditasi
  • memulai program penghilang stres
  • meningkatkan aktivitas fisik

membicarakan hal-hal dengan teman dan keluarga

Jika Anda kesulitan mengubah pola pikir, pertimbangkan untuk berbicara dengan rekan, mentor, dan profesional terpercaya tentang apa yang mungkin tidak berhasil.

Ada banyak cara untuk mengubah pola pikir Anda, dan seringkali mencari dukungan dari orang lain yang mungkin merasakan hal yang sama atau mungkin pernah mengalami hal ini sebelumnya sangat membantu.

Jika Anda masih merasa "tidak nyaman" tentang usia Anda atau hubungan Anda dengan stres, pertimbangkan dukungan kesehatan mental.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok