Studi: Olahraga Intensitas Tinggi Selama 15 Menit Bisa Tingkatkan Kebugaran

August 13, 2021 | Helmi

olahraga

Jika Anda kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga, ketahuilah bahwa penelitian menunjukkan bahwa olahraga intensitas tinggi selama kurang dari 15 menit sehari dapat meningkatkan kebugaran.

Latihan intens selama empat detik yang berulang, dilakukan tiga kali seminggu, ditemukan dapat meningkatkan kekuatan kardio dan otot, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 12 Juli 2021 di Medicine & Science in Sports & Exercise.

Para peneliti dari University of Texas di Austin mempelajari 11 orang dewasa yang sehat dan aktif berusia 20-an selama delapan minggu pelatihan. Para peneliti menguji VO2 max peserta (kemampuan untuk menggunakan oksigen selama latihan) serta kapasitas anaerobik (kemampuan untuk menghasilkan tenaga dalam waktu singkat tanpa oksigen) untuk menganalisis apakah sesi latihan singkat dapat meningkatkan kebugaran.

Selama pelatihan, peserta berolahraga selama empat detik dengan upaya maksimal, istirahat selama 30 detik, dan kemudian mengulangi siklus selama 30 putaran.

Setelah mengikuti program ini tiga hari seminggu selama delapan minggu, peserta melihat peningkatan rata-rata 13% pada VO2 max mereka dan peningkatan 17% pada kapasitas anaerobik mereka. 

Dengan kata lain, mereka menjadi lebih bugar, meskipun total latihan yang mereka lakukan adalah sekitar dua menit per hari.

Olahraga yang intens bisa lebih efisien untuk kebugaran daripada yang diyakini sebelumnya

YesDok Ads

Studi ini bertujuan untuk mengurangi beberapa rasa sakit yang terkait dengan olahraga intens, menurut Edward Coyle, penulis senior studi dan direktur Human Performance Lab di University of Texas di Austin.

"Ketika Anda melakukan semuanya selama 20 atau 30 detik, Anda membangun asam laktat di otot Anda dan itu menjadi sangat keras," katanya kepada Insider.

Sebaliknya, timnya berteori bahwa interval empat detik tidak cukup lama untuk membangun asam laktat, sehingga atlet tidak akan merasakan otot yang terbakar dan kelelahan ekstrem dalam interval yang lebih lama.

Peserta dalam penelitian ini memiliki banyak peningkatan kebugaran yang sama yang ditunjukkan dengan interval yang lebih lama, dengan efek samping yang lebih sedikit, menurut data. 

Para peserta bahkan ingin melanjutkan latihan setelah penelitian, dan mengatakan mereka akan merekomendasikan latihan tersebut kepada orang lain.

Lebih banyak penelitian dapat menunjukkan cara mendapatkan manfaat paling banyak dari olahraga dengan sedikit kerja.

YesDok Ads