Studi: Olahraga di Sore Hari Menawarkan Manfaat Lebih Banyak

February 28, 2023 | Helmi

manfaat olahraga di sore hari

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang berolahraga di siang hari hingga sore hari mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung. Apa saja manfaat olahraga di sore hari? Simak lebih lanjut.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, para ilmuwan menyatakan waktu perilaku atau aktivitas sehari-hari memengaruhi kesehatan. Karena hanya sedikit yang diketahui tentang waktu terbaik untuk terlibat dalam aktivitas fisik untuk manfaat kesehatan maksimal, mereka melihat ke dalam asosiasi waktu aktivitas fisik dengan semua penyebab kematian dan penyebab spesifik.

Tim melakukan studi kohort terhadap 92.139 peserta Biobank Inggris dengan data akselerometer dan hasil kematian semua penyebab dan penyebab spesifik. Mereka menganalisis data setelah mengelompokkan peserta berdasarkan waktu dan frekuensi latihan mereka. Mereka memeriksa data aktivitas tujuh hari peserta dan melacak catatan kematian mereka.

Para peneliti menentukan bahwa aktivitas fisik sedang hingga kuat setiap saat sepanjang hari menurunkan risiko semua penyebab, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker. Namun, risiko kematian yang lebih rendah lebih terlihat pada mereka yang melakukan olahraga tengah hari hingga sore hari.

Menurut tim, peserta paling diuntungkan dari aktivitas fisik antara pukul 11.00 dan 17.00. Efeknya sebagian besar diamati pada pria, orang tua dan orang yang kurang aktif secara fisik. Para peneliti memperhatikan bahwa itu adalah periode ketika orang paling tidak mungkin menderita serangan jantung.

YesDok Ads

Randy Goodroe, ahli jantung intervensi dari Grand Strand Heart & Vascular Care di Myrtle Beach, South Carolina menjelaskan bahwa serangan jantung lebih mungkin terjadi di pagi hari.

"Sebagian besar serangan jantung menyerang pada dini hari dari jam 4 (hingga 10 pagi), ketika trombosit darah lebih lengket, dan ada peningkatan adrenalin yang dilepaskan dari kelenjar adrenal yang dapat memicu pecahnya plak di arteri koroner," kata Goodroe.

Berikut adalah informasi mengenai manfaat olahraga di sore hari. Simak informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads