Sexuality
Adult
+1

Studi: Mungkinkah Seks Mampu Membakar Kalori?

November 17, 2019 | Iman

Banyak orang termasuk selebritas Hollywood Khloé Kardashian percaya bahwa sesi panas di ranjang dapat menjadi alternatif olahraga yang baik. Lantas apakah ini benar? Mari membedahnya berdasarkan dengan dunia medis.

 
Menang sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan seks membantu membakar kalori. Tetapi mungkin terlalu dini untuk mengatakan bahwa perannya mampu mengganti olahraga lain. Jumlah kalori yang terbakar saat bercinta amat tergantung pada banyak faktor termasuk berat badan dan juga intensitas penetrasi Anda.


Dilansir Times of India, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE menyoroti jumlah kalori yang terbakar saat aktivitas bercinta. Diketahui wanita rata-rata membakar sekitar 69 kalori dalam sesi seks 25 menit, sedangkan kalori yang terbakar pada pria sekitar 100 kalori. Pada studi tersebut menyebutkan jika kunci banyaknya kalori yang terbakar terletak pada gerakan dan penetrasi yang dihasilkan.

 
Untuk memecahnya, pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks dan wanita membakar rata-rata 3,1 kalori. Walaupun jumlahnya mungkin tidak bisa dibandingkan dengan sesi latihan penuh di pusat kebugaran, kira-kira hal itu sebanding dengan berjalan selama 30 menit.

 
Namun, penting juga untuk memahami bahwa dalam kehidupan nyata, seks berlangsung selama rata-rata enam menit, tidak semua pasangan mampu bercinta pada durasi waktu yang relatif lama. Bahkan penelitian berbeda yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine memperkirakan bahwa pasangan biasanya hanya membakar sekitar 15-20 kalori selama petualangan seksual di atas ranjang.

 
Meskipun berhubungan seks tidak sama dengan berkeringat di pusat kebugaran, ini tidak boleh menghentikan Anda dari bereksperimen dengan posisi seks yang berbeda dan membuat segalanya lebih panas di kamar Anda. Baik seks atau olahraga lain, keduanya tetap perlu berjalan beriringan.


Pembakaran kalori jelas berbeda setiap orang dan tidak dapat disamakan. Dari detak jantung, intensitas, hingga berat badan bisa mempengaruhi kalori dari aktivitas bercinta.

 
“Ada terlalu banyak faktor yang memengaruhi laju pembakaran kalori Anda. Jika ingin kalori lebih, jelas diperlukan membuatnya lebih intens,” peneliti menambahkan.

(Foto: besthealthmag)

YesDok Ads