Studi: Minyak Zaitun Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Alzheimer

January 26, 2022 | Iman

Minyak zaitun

Selama bertahun-tahun, ahli gizi telah merekomendasikan untuk mengganti mentega dan lemak susu lainnya dengan minyak zaitun. Penelitian baru menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan pokok Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit serius, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit kardiovaskular.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology (JACC), menganalisis data dari 60.582 wanita dan 31.801 pria. Para peserta penelitian bebas dari penyakit jantung dan kanker ketika masa studi dimulai pada tahun 1990, dan ditimbang setiap empat tahun selama 28 tahun tindak lanjut.

Para peneliti secara khusus melihat berapa banyak minyak zaitun yang dimakan para peserta, minyak nabati lain yang mereka miliki, dan berapa banyak margarin dan mentega yang mereka konsumsi. Secara keseluruhan, orang mengkonsumsi lebih banyak minyak zaitun dari waktu ke waktu, melonjak dari sekitar 1,6 gram sehari pada tahun 1990 menjadi sekitar 4 gram sehari pada tahun 2010.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah tertinggi setiap hari (sekitar 9 gram atau kurang dari satu sendok makan) memiliki risiko 19% lebih rendah meninggal akibat penyakit kardiovaskular, 17% lebih rendah risiko kematian akibat kanker. Risiko kematian akibat penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer 29% lebih rendah, dan risiko kematian akibat penyakit pernapasan 18% lebih rendah, dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi minyak zaitun.

Orang yang mengganti 10 gram lemak sehari seperti margarin, mentega, mayo, dan lemak susu dengan minyak zaitun memiliki risiko kematian hingga 34% lebih rendah.

Apa hubungannya?

YesDok Ads

"Banyak faktor lain dapat berperan di sini, termasuk perilaku gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan para peserta secara teratur, kebiasaan diet lainnya, dan genetika,” kata Departemen Klinis dan Ilmu Nutrisi Pencegahan di Universitas Rutgers, Deborah Cohen.

Para peneliti menunjukkan bahwa orang yang memiliki lebih banyak minyak zaitun secara teratur biasanya lebih aktif secara fisik, lebih kecil kemungkinannya untuk merokok, dan lebih mungkin untuk makan lebih banyak buah dan sayuran dibandingkan dengan orang yang makan lebih sedikit minyak zaitun secara teratur. Semua faktor tersebut dapat menurunkan risiko penyakit Anda.

“Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang dapat menurunkan jumlah kolesterol LDL (jahat) dalam tubuh Anda sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik), kata seorang ahli jantung di California, Rigved  Tadwalkar.

Dalam pandangan Cohen, kesimpulan utama penelitian ini adalah ide yang baik untuk mengurangi jumlah lemak tak jenuh ganda, jenuh, dan trans dalam makanan Anda dan memiliki lebih banyak makanan tidak diproses yang tinggi tak jenuh tunggal seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

"Ketika lemak dibutuhkan tubuh, minyak nabati dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, adalah jalan keluar pengganti lemak jenuh," Tadwalkar menambahkan.

YesDok Ads