Studi: Mematikan Kamera Saat Meeting Online Bisa Kurangi Kelelahan

September 08, 2021 | Helmi

meeting online

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa sebenarnya ada beberapa manfaat yang diberikan dari mematikan kamera Anda selama meeting online.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eller College of Management Universitas Arizona, mematikan kamera Anda selama meeting online sebenarnya dapat membuat Anda lebih produktif dan tidak terlalu lelah.

Penelitian ini melibatkan percobaan selama empat minggu, 103 peserta dan lebih dari 1.400 pengamatan, menyimpulkan bahwa mengaktifkan kamera dapat memiliki efek buruk pada meeting secara keseluruhan. 

Menurut penulis penelitian, ini terkait dengan tekanan presentasi diri yang terkait dengan berada di depan kamera.

“Memiliki latar belakang profesional dan terlihat siap, atau menjauhkan anak-anak dari ruangan adalah contoh dari beberapa tekanan,” kata Allison Gabriel, profesor manajemen dan organisasi McClelland, dan salah satu penulis studi tersebut.

"Ketika orang-orang mengaktifkan kamera atau diminta untuk tetap menyalakan kamera, mereka melaporkan lebih banyak kelelahan daripada rekan-rekan mereka yang tidak menggunakan kamera. Dan kelelahan itu berkorelasi dengan lebih sedikit suara dan lebih sedikit keterlibatan selama rapat,” sambungnya.

Studi ini menemukan bahwa efeknya lebih kuat untuk wanita dan karyawan baru, mungkin karena masalah presentasi diri. 

“Perempuan sering merasakan tekanan untuk menjadi sempurna tanpa usaha atau memiliki kemungkinan lebih besar untuk gangguan pengasuhan anak, dan karyawan baru merasa seperti mereka harus berada di depan kamera dan berpartisipasi untuk menunjukkan produktivitas,” kata Gabriel.

Daripada mengharapkan karyawan untuk tetap menyalakan kamera mereka selama rapat online, mereka harus diberi kebebasan untuk memilih apakah akan tidak menggunakan kamera mereka, dan karyawan tidak boleh membuat asumsi tentang gangguan atau produktivitas kamera dimatikan, sarannya.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology. Selama setahun terakhir, banyak penelitian telah meneliti efek lelah setelah rapat online, sebuah fenomena yang dipicu karena pandemi.

YesDok Ads