Studi: Manfaat Blackcurrant Bagi Pemulihan Latihan

October 22, 2021 | Iman

Blackcurrant

Pulih lebih efektif  dan cepat  adalah bagian utama dari kinerja olahraga apapun itu. Sebuah studi baru di jurnal Nutrients menyarankan Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan blackcurrant selama periode pemulihan Anda.

Peneliti merekrut 27 pria dan wanita untuk studi acak, dan memilih peserta yang tidak terbiasa dengan latihan kekuatan. Sekitar setengah mengambil plasebo sementara setengah lainnya menerima dosis 300 mg ekstrak blackcurrant asal Selandia Baru selama 11 hari satu kapsul diminum sekali sehari selama tujuh hari sebelum berolahraga, satu diambil sebelum melakukan bicep curl, dan satu lagi. diminum sekali sehari selama empat hari setelah latihan.

Mereka yang berada dalam kelompok ekstrak mengalami pemulihan fungsi otot yang lebih cepat daripada peserta kelompok plasebo. Kelompok ekstrak mendapatkan kembali kekuatan otot dalam waktu 24 jam dibandingkan dengan 72 jam bagi mereka yang menggunakan plasebo.

"Alasannya mungkin terkait dengan bagaimana konsumsi blackcurrant dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif setelah latihan ketahanan yang berat,” kata rekan penulis studi yang juga dosen ilmu olahraga dari Inggris, Julie Hunt.

Banyak orang mengonsumsi antosianin dalam bentuk ekstrak, jus, atau makanan utuh setelah berolahraga sebagai cara untuk meningkatkan pemulihan. Tapi Hunt menunjukkan bahwa studi terbaru menyoroti keuntungan dari suplemen sebelum dan sesudah.

“Ada hubungan erat antara kadar antosianin dalam darah dan perlindungan terhadap stres oksidatif, jadi sebaiknya konsumsi ekstrak blackcurrant Selandia Baru satu hingga dua jam sebelum berolahraga, karena ini memberi waktu bagi antosianin untuk diserap dan memuncak dalam aliran darah kita,” Hunt lebih jauh menjelaskan.

Strategi itu mempersiapkan jaringan otot untuk mengatasi peningkatan stres oksidatif yang tak terhindarkan, tambahnya, dan memiliki beberapa setelah berolahraga dalam periode pemulihan juga dapat membantu. Misalnya, dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa kelompok ekstrak memiliki sekitar setengah jumlah nyeri otot dalam satu atau dua hari pasca-pelatihan dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Mengenai mengapa buah dari Selandia Baru dipilih, Hunt mencatat bahwa blackcurrant dari negara itu cenderung memiliki kandungan antosianin sekitar 1,5 kali lipat dari buah yang tumbuh di Eropa, dan tingkat senyawanya konsisten, tidak seperti blackcurrant segar.

Ekstrak yang dipelajari di sini memiliki 105mg per porsi antosian, sementara Anda membutuhkan sekitar satu setengah cangkir jus ceri asam untuk mendapatkan jumlah itu. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli diet olahraga sebelum menambahkan suplemen atau ekstrak apa pun ke dalam diet Anda.

“Perlu dicatat, makanan lain yang mengandung senyawa blackcurrant yang sama termasuk ceri, blackberry, blueberry, delima, dan kubis merah,” Hunt menambahkan.

YesDok Ads