Studi: Konsumsi Vitamin Ini Tingkatkan Risiko Kanker

November 20, 2022 | Helmi

vitamin kanker

Banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan kesehatan mereka. Sebuah tim peneliti telah menemukan bahwa satu suplemen populer untuk anti penuaan berpotensi dapat meningkatkan risiko kanker dan bahkan menyebabkannya menyebar ke otak.

Nicotinamide riboside (NR) adalah bentuk vitamin B3 yang telah dipromosikan sebagai suplemen anti penuaan. Memang, diketahui potensinya dalam metabolisme dan gangguan terkait usia, tulis para peneliti dalam studi mereka, yang diterbitkan di Biosensors and Bioelectronics.

Namun, meskipun merupakan suplemen yang tersedia secara luas, "pemahaman penyerapan NR oleh sel dan jaringan yang berbeda sangat dibatasi oleh kurangnya alat pencitraan in vivo non-invasif yang membatasi terjemahan klinisnya."

Untuk pekerjaan mereka, para peneliti mengembangkan dan menggunakan pencitraan bioluminescent non-invasif untuk memahami bagaimana sebenarnya NR bekerja di dalam tubuh. University of Missouri (MU) melihat tingkat NR dalam sel kanker, sel-T dan jaringan sehat.

NR meningkatkan energi tingkat sel dan sel kanker "memakannya". Studi penulis terkait Elena Goun, dari MU, dan timnya menganalisis peran NR dalam "perkembangan dan penyebaran kanker."

Paparan vitamin tersebut dalam tingkat tinggi mungkin tidak hanya meningkatkan risiko kanker payudara, tetapi juga risiko metastasis ke otak - titik yang mungkin sudah mematikan karena "tidak ada pilihan pengobatan yang layak saat ini".

"Beberapa orang meminumnya (vitamin dan suplemen) karena mereka secara otomatis berasumsi bahwa vitamin dan suplemen hanya memiliki manfaat kesehatan yang positif, tetapi sangat sedikit yang diketahui tentang cara kerjanya yang sebenarnya," jelas Goun. "Karena kurangnya pengetahuan ini, kami terinspirasi untuk mempelajari pertanyaan dasar seputar bagaimana vitamin dan suplemen bekerja di dalam tubuh."

Hasilnya menunjukkan pentingnya melihat potensi efek samping dari suplemen. NR, misalnya, cukup banyak digunakan dan tersedia. Uji klinis manusia tertentu bahkan menggunakannya untuk "mengurangi efek samping dari terapi kanker," kata Goun.

“Hasil ini menguraikan peran penting nutraceutical yang kuat seperti NR dalam metabolisme kanker dan kebutuhan untuk mempersonalisasi penggunaannya pada populasi pasien tertentu,” tulis para peneliti.

YesDok Ads