0 Point
plum

Studi: Konsumsi Buah Plum Setiap Hari Turunkan Risiko Osteoporosis

Mengkonsumsi buah plum setiap hari mungkin memiliki manfaat bagi orang-orang pascamenopause. Ini dapat membantu kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh, membuatnya lebih mudah patah. Seringkali, kondisi ini didiagnosis setelah jatuh dan dampaknya menyebabkan tulang patah.

Menurut American Physiological Society (APS), mereka yang mengalami menopause cenderung memiliki kadar estrogen yang lebih rendah, meningkatkan peradangan dalam tubuh dan berkontribusi pada pengeroposan tulang. 

Dalam penelitian sebelumnya, telah ditunjukkan bahwa polifenol dalam plum dapat meningkatkan tingkat stres oksidatif dan peradangan pada jenis sel tulang yang disebut osteoklas.

Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan APS di Experimental Biology, tim peneliti melakukan penelitian pada tiga kelompok wanita pascamenopause yang skor kepadatan mineral tulangnya dianggap rendah.

Satu kelompok makan 50 gram plum sehari atau sekitar enam potong plum setiap hari selama 12 bulan. Kelompok lain makan 100 gram plum, yaitu sekitar selusin plum per hari selama periode tersebut. Kelompok ketiga tidak makan buah plum.

Ketika mereka membandingkan sampel darah peserta sebelum dan sesudah intervensi nutrisi, mereka menemukan bahwa kedua kelompok yang makan plum memiliki pengurangan penanda inflamasi yang "signifikan" dibandingkan dengan kelompok yang tidak makan plum.

“Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi enam hingga 12 buah plum per hari dapat mengurangi mediator pro-inflamasi yang dapat berkontribusi pada pengeroposan tulang pada wanita pascamenopause,” kata penulis studi Janhavi Damani. 

"Jadi, plum mungkin merupakan intervensi nutrisi yang menjanjikan untuk mencegah peningkatan mediator inflamasi yang sering diamati sebagai bagian dari proses penuaan."

Memang, makanan yang dikonsumsi orang dapat memberikan kontribusi bagi kesehatan, termasuk kesehatan tulang. 

Beberapa makanan lain yang dikatakan baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu memerangi osteoporosis antara lain jeruk, produk susu seperti susu, keju dan yogurt, ikan seperti salmon kaleng dan sarden serta sayuran termasuk kangkung, pepaya dan bayam. .

Telur juga merupakan sumber vitamin D, protein, dan mineral penting yang baik seperti seng, magnesium, dan kalsium, sedangkan kedelai mengandung protein nabati serta asam lemak omega-3.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok