0 Point

Studi: Ini Suhu Terbaik untuk Tidur

Semua orang umumnya mendambakan tidur yang nyenyak setiap malam. Salah satu yang diperhatikan adalah memperhatikan suhu tidur. Suhu yang tepat kerap dianggap faktor utama penghantar tidur yang ideal.

Mungkin mulai kini Anda perlu memikirkan soal keutamaan dan kualitas tidur. Suhu tubuh berfluktuasi sepanjang hari dan mencapai puncaknya pada sore hari hingga malam, perlahan-lahan mulai dingin, rileksasikan tubuh dan persiapkan untuk siklus tidur. Ketika suhu tubuh sedang turun, suhu ruangan harus selaras dengan suhu tubuh.Hal ini yang menjembatani diri untuk mendapatkan tidur nyenyak.

Lantas, berapakah suhu tidur yang ideal untuk tidur?

Menurut para ahli, Anda harus berada pada suhu 15-19 derajat celsius idealnya saat hendak tidur. Walaupun hal itu mungkin membuat Anda agak menggigil dan mencari selimut, tapi ingatlah bahwa tubuh pada periode malam hari juga mengeluarkan panas. Dalam ruangan atau area yang lebih dingin, panas tubuh akan didistribusikan secara merata dan membantu tidur Anda lebih rileks seperti yang dilansir pada Times of India.  

Peneliti menekankan bahwa hal tersebut berlaku bagi orang dewasa. Pada anak-anak usia di bawah 10 tahun pastikan kualitas udara ruangan tidak terlalu dingin. Anak-anak masih sangat sensitif jika menerima paparan suhu yang mungkin terlalu dingin bagi tubuh. Namun, bagi orang dewasa tidur pada suhu udara 15-19 derajat celsius cepat menurunkan suhu tubuh dan membantu diri untuk tidur lebih cepat. 

Fakta di atas bukan langkah baku untuk tidur, masih ada cara lain jika diri belum terbiasa dengan suhu udara dingin tersebut. Beberapa peneliti menyarankan agar Anda cukup menaruh segelas air dingin di dekat tempat tidur Anda. 

“Air tersebut bisa membantu untuk menurunkan suhu tubuh apabila Anda terbangun di malam hari dan mengatur suhu tubuh kembali seimbang,” peneliti menambahkan.

(Foto: helpguide.org)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok