Studi: Infeksi DBD Bisa Perkuat Imun Terhadap Covid 19

September 22, 2020 | Helmi

nyamuk

Sebuah studi yang dilakukan di Brasil mencari tahu korelasi antara penyebaran virus corona dengan wabah demam berdarah.

Temuan mengejutkan didapatkan karena disebutkan bahwa paparan penyakit dari nyamuk aedes aegypti ternyata bisa memberikan kekebalan terhadap virus corona.

Studi ini dilakukan oleh seorang profesor dari Universitas Duke, Miguel Nicolelis. Melalui penelitiannya, ia membuat perbandingan berdasarkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah yang terjadi di tahun 2019 dan 2020.

Berdasarkan penelitian tersebut, ia menemukan bahwa lokasi yang kini mengalami infeksi Covid 19 yang lebih rendah, sebelumnya telah lebih dulu mengalami kasus demam berdarah yang cukup besar.

Menurut Nicolelis, ada reaktivitas silang imunologis dalam kasus ini. Reaktivitas silang yang dimaksud antara serotype Flavivirus demam berdarah dengan SARS Covid 19.

YesDok Ads

“Jika hipotesis ini benar, ini berarti infeksi dengue dan imunisasi dengan vaksin dengue dapat manjr dan aman untuk menghasilkan beberapa tingkat perlindungan imunologis terhadap corona,” jelas Nicolesis.

Tak ketinggalan ia juga mencantimkan hasis penelitian sebelumnya yang berisi, seseorang dengan antibodi demam berdarah terbukti mendapatkan hasil positif palsu untuk antibodi covid 19. Walaupun ia tidak pernah terinfeksi virus corona.

“Ini menunjukkan bahwa ada interaksi imun antara dua virus yang tidak diduga, karena kedua virus berasal dari jenis yang berbeda sama sekali, tambahnya.

Meski demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran hubungan antara dua hal ini.

YesDok Ads