Studi: Empat Cangkir Kopi Sehari Lindungi Kesehatan Hati

June 25, 2021 | Helmi

kopi

Menurut sebuah penelitian terbaru, minum sekitar tiga hingga empat cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein, melindungi hati dari penyakit yang mengancam kesehatan.

Para peneliti mengumpulkan data dari 494.585 orang di Biobank Inggris dan menemukan bahwa peminum kopi 21% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit hati kronis, 20% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit hati berlemak, dan 49% lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit hati kronis dibandingkan untuk  bukan peminum kopi.

"Kopi dapat diakses secara luas, dan manfaat yang kami lihat dari penelitian kami dapat berarti dapat menawarkan pengobatan pencegahan potensial untuk penyakit hati kronis," ujar Oliver Kennedy, peneliti di University of Southampton.

"Ini akan sangat berharga di negara-negara dengan pendapatan rendah dan akses yang lebih buruk ke perawatan kesehatan dan di mana beban penyakit hati kronis paling tinggi," sambungnya.

YesDok Ads

Dari 494.585 orang yang dianalisis dalam penelitian ini, 78% minum kopi, dan 22% tidak. Para peneliti melacak tingkat penyakit hati kronis dalam subjek ini selama 10 tahun.

Penelitian ini bersifat observasional, artinya peneliti tidak dapat mengontrol semua faktor kesehatan dan tidak dapat menentukan secara pasti sebab akibat.

Namun, temuan mereka didasarkan pada penelitian lain yang menunjukkan bahwa kopi menawarkan segudang manfaat kesehatan. Sebuah meta-analisis, terdiri dari 95 studi, menemukan bahwa peminum kopi memiliki penurunan risiko obesitas dan penyakit jantung

Selain manfaat kesehatan fisik, minuman ini juga dapat membantu kesehatan mental. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi cenderung tidak mengalami depresi.

YesDok Ads