Studi: Diet Mediterania Menawarkan Manfaat untuk Tingkatkan Kesuburan

January 12, 2023 | Helmi

diet mediterania

Menurut sebuah tinjauan penelitian di Monash University, University of the Sunshine Coast, dan University of South Australia (UniSA), diet mediterania memberi manfaat pada kesuburan seseorang.

Diet Mediterania mempromosikan makan makanan seperti biji-bijian, ikan, minyak zaitun extra virgin, sayuran, dan kacang-kacangan, sambil membatasi daging merah dan olahan. 

Studi mengatakan bahwa diet mediterania menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan angka kematian, dan membantu membawa manfaat kesehatan lainnya.

Hasil baru mengatakan bahwa sifat anti-inflamasi diet meningkatkan kemungkinan pembuahan dengan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

YesDok Ads

"Kepatuhan terhadap pola diet anti-inflamasi umumnya dikaitkan dengan peningkatan wanita (siklisitas menstruasi, tindakan terkait endometriosis, kualitas embrio, dan kelahiran hidup) dan hasil terkait kesuburan pria (kualitas sperma), yang diperkirakan terjadi melalui mediasi jalur anti-inflamasi," tulis survei yang dipublikasikan di MDPI.

Evangeline Mantzioris, peneliti di UniSA, mengatakan, "Kami ingin melihat bagaimana diet yang mengurangi peradangan - seperti diet Mediterania - dapat meningkatkan hasil kesuburan."

"Yang menggembirakan, kami menemukan bukti yang konsisten bahwa dengan mengikuti diet anti-inflamasi - diet yang mencakup banyak lemak tak jenuh ganda atau lemak "sehat", flavonoid (seperti sayuran berdaun hijau), dan daging merah dan olahan dalam jumlah terbatas - kita dapat meningkatkan kesuburan."

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads