0 Point
Bir

Studi: Bir Mampu Meredakan Rasa Sakit

Bir merupakan salah satu minuman beralkohol paling populer di seluruh dunia. Meskipun konsumsi alkohol tidak dianggap baik untuk kesehatan, namun jika menyangkut bir, masih menyisakan perdebatan tersendiri.

Ada banyak penelitian yang membagikan data menarik tentang manfaat kesehatan di dalam bir. Mulai dari mampu melindungi jantung dari masalah kardiovaskular yang parah, hingga mengangkat suasana hati Anda. Yang terbaru, sebuah studi mengatakan jika minum bir dapat meredakan rasa sakit.

Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Greenwich London yang diterbitkan dalam Journal of Pain mengatakan meminum dua gelas bir memberikan kelegaan yang lebih baik daripada mengonsumsi parasetamol.

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini setelah memeriksa 400 partisipan. Untuk penelitian tersebut, para peserta diberi minuman beralkohol atau non-alkohol dan kemudian diberikan 13 tes ambang rasa sakit dan sembilan tes yang menilai intensitas nyeri. Ditemukan bahwa alkohol mampu mengurangi rasa sakit sekitar 1,2 poin. Selain itu, pasien tidak perlu minum banyak bir untuk mencapai penurunan kecil itu.

Peneliti masih belum jelas bagaimana bir mampu mengurangi tingkat rasa sakit pada partisipan. Peneliti tidak yakin apakah ini terjadi karena efek analgesik (rasa sakit diblokir oleh reseptor di tubuh) atau karena euforia yang dialami akibat konsumsi alkohol. Kesimpulan sementara, dikatakan alkohol adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif dan efeknya lebih kuat daripada parasetamol.

Ini bukan pertama kalinya minuman beralkohol ini dipuji karena manfaat kesehatannya. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bir dapat membantu meningkatkan umur panjang, mengurangi risiko penyakit ginjal, mencegah penyakit jantung, memperkuat tulang, bahkan mengurangi stres.

Studi tersebut pasti menunjukkan bahwa minum bir dapat membantu mengurangi rasa sakit, tetapi para peneliti juga menjelaskan bahwa itu bukanlah pilihan yang baik untuk menghilangkan rasa sakit.

Obat pereda nyeri biasa adalah pilihan yang lebih aman dan efektif. Minum alkohol secara berlebihan bisa berubah menjadi kecanduan dan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok