Studi: Bermain Video Game Turunkan Risiko Depresi pada Anak

February 25, 2021 | Helmi

game

Sepanjang pandemi COVID-19, banyak anak dan remaja menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Psychological Medicine menemukan bahwa memainkan video game secara teratur dikaitkan dengan risiko gejala depresi yang lebih rendah pada anak laki-laki. 

Di sisi lain, penggunaan media sosial yang sering dikaitkan dengan risiko gejala depresi yang lebih tinggi pada anak perempuan tetapi tidak pada anak laki-laki.

“Studi ini benar-benar menyoroti kebutuhan untuk mengambil pendekatan yang lebih bernuansa tentang bagaimana kita melihat waktu layar, terutama yang berkaitan dengan hasil kesehatan mental pada anak-anak,” ujar Britni Belcher, PhD, MPH, asisten profesor kedokteran pencegahan di Keck School dari Medicine of USC di Los Angeles.

Studi baru mengevaluasi 11.341 remaja yang terdaftar di Millennium Cohort Study, sebuah proyek yang sedang berlangsung yang mengikuti anak-anak yang lahir antara tahun 2000-2002 di Inggris Raya.

Ketika peserta berusia 11 tahun, mereka memberitahu peneliti seberapa sering mereka bermain video game, menggunakan media sosial, dan terlibat dalam penggunaan internet di waktu senggang. Kemudian, pada usia 14 tahun, mereka menyelesaikan survei tentang gejala depresi. 

Anak laki-laki yang bermain video game sebulan sekali atau lebih pada usia 11 memiliki skor depresi 24 hingga 31 persen lebih rendah pada usia 14 tahun dibandingkan anak laki-laki yang lebih jarang bermain video game.

YesDok Ads

Ketika penulis studi mengontrol tingkat aktivitas fisik, mereka menemukan bahwa hubungan antara penggunaan video game reguler dan skor depresi yang lebih rendah hanya signifikan di antara anak laki-laki dengan tingkat aktivitas rendah.

Penulis berspekulasi bahwa video game dapat memberikan kesempatan untuk interaksi sosial dan kesenangan yang sangat bermanfaat bagi anak laki-laki yang kebutuhannya tidak terpenuhi melalui olahraga atau permainan yang aktif secara fisik.

Untuk kesehatan mental dan fisik yang optimal, penting bagi remaja dan orang tua untuk menjaga keseimbangan dalam waktu layar dan aktivitas tanpa layar.

“Terutama selama pandemi, waktu menonton layar dapat memiliki manfaat penting, termasuk pendidikan, aktivitas fisik, dan sosialisasi,” kata Dr. Jason Nagata, asisten profesor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas California, San Francisco.

“Namun, orang tua harus mencoba mengurangi risiko dari waktu layar yang berlebihan, seperti waktu tidur yang buruk atau waktu yang tidak banyak bergerak. Orang tua harus secara teratur berbicara dengan remaja mereka tentang penggunaan waktu layar dan mengembangkan rencana penggunaan media keluarga, ”lanjutnya.

Nagata mengatakan bahwa orang tua dapat menetapkan batasan penggunaan waktu layar di antara anak-anak mereka, mendorong aktivitas tanpa layar, dan mencontohkan kebiasaan layar yang sehat itu sendiri.

Dia merekomendasikan agar keluarga mempertimbangkan untuk menghindari aktivitas waktu layar satu jam sebelum waktu tidur dan melepas perangkat waktu layar dari kamar tidur sebelum tidur.

YesDok Ads