Studi: Beralih ke Garam Rendah Natrium dapat Mengurangi Risiko Hipertensi

October 13, 2021 | Helmi

garam

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa 47% orang dewasa di Amerika Serikat, sekitar 116 juta orang, memiliki tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi.

Masalah kesehatan ini meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. CDC juga mencatat bahwa pada tahun 2019, hipertensi adalah penyebab utama atau faktor penyebab kematian lebih dari setengah juta orang di AS.

Secara global, lebih dari 1,28 miliar orang dewasa menderita hipertensi, dan dua pertiga dari orang dewasa ini tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah, menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Di antara penyebab tekanan darah tinggi yang dapat dicegah adalah merokok, konsumsi alkohol, kurangnya aktivitas fisik, dan kelebihan berat badan.

Tingginya kadar natrium dan rendahnya kadar kalium dalam makanan juga berhubungan dengan hipertensi dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Ada bukti bagus bahwa membatasi natrium dalam diet dan mengkonsumsi suplemen kalium dapat menurunkan tekanan darah.

Orang dapat mengurangi risiko hipertensi dan lainnya dengan mengganti garam biasa yang mereka tambahkan ke makanan dengan garam rendah natrium. Garam biasa adalah natrium klorida, sedangkan jenis natrium tereduksi adalah campuran natrium klorida dan kalium klorida.

Jenis garam meja ini banyak tersedia dan harganya juga relatif terjangkau, dan rasanya sangat mirip dengan garam biasa.

Namun, ada kekurangan bukti kuat bahwa orang yang menggunakan garam rendah natrium untuk mengawetkan dan membumbui makanan mereka cenderung tidak mengalami stroke dan meninggal sebelum waktunya.

YesDok Ads

Selain itu, beberapa ahli khawatir bahwa penggunaan garam rendah natrium dapat meningkatkan jumlah kalium dalam darah ke tingkat yang berbahaya, masalah kesehatan yang dikenal sebagai hiperkalemia.

Sekarang, sebuah percobaan besar di pedesaan Cina yang menyelidiki efek kesehatan jangka panjang dari garam rendah natrium menunjukkan bahwa jenis garam ini tidak hanya menurunkan risiko stroke dan kematian - juga aman untuk digunakan.

Penelitian difokuskan pada orang yang pernah mengalami stroke dan orang tua dengan riwayat hipertensi.

Makalah yang menjelaskan hasil uji coba, yang disebut Salt Substitute and Stroke Study, atau SSaSS, sekarang muncul di The New England Journal of Medicine.

Para peneliti secara acak menugaskan setengah populasi penelitian untuk terus menggunakan garam biasa dan setengah lainnya untuk menggunakan garam natrium tereduksi, yang mengandung 75% natrium klorida dan 25% kalium klorida menurut beratnya.

Setiap 12 bulan, para ilmuwan mengunjungi beberapa desa untuk memeriksa apakah para peserta menggunakan jenis garam yang benar. 

Untuk membantu memastikan hal ini, mereka juga mengukur jumlah natrium dan kalium yang diekskresikan dalam urin peserta dan melakukan pembacaan tekanan darah.

Setelah periode tindak lanjut rata-rata 4,74 tahun, tingkat stroke di desa-desa di mana para peserta menggunakan garam rendah natrium adalah 13% lebih rendah daripada di desa-desa yang menggunakan garam biasa.

YesDok Ads