Studi: Asupan Kafein Berlebihan Dapat Menyebabkan Risiko Osteoporosis Lebih Tinggi

July 30, 2021 | Iman

Minuman berkafein

Setiap orang pasti pernah mengonsumsi kopi atau makanan berkafein. Jika ia, mungkin ini adalah hal menarik bagi Anda yang sedang memasuki usia produktif. Menurut sebuah penelitian di British Journal of Pharmacology, dosis kafein yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena osteoporosis.

Peneliti mengamati 24 orang, setengah dari mereka mengunyah permen karet non-kafein dan yang lainnya mengunyah versi berkafein, dan selama enam jam sembari mengganti permen yang baru. Kelompok terakhir akhirnya mengonsumsi sekitar 800 mg kafein, itu setara dengan delapan cangkir kopi. 

Kelompok itu diketahui melihat peningkatan yang signifikan dalam hal kalsium dalam urin mereka sekitar 77 persen lebih banyak pada akhir enam jam daripada saat mereka mulai. Jumlah output kalsium yang tinggi menunjukkan bahwa ginjal melepaskan mineral lebih cepat daripada yang dapat diganti oleh tubuh.

Hal tersebut membuat para peneliti menyimpulkan bahwa dalam jangka panjang dapat menempatkan mereka pada risiko yang jauh lebih tinggi dari masalah kepadatan tulang dan, berpotensi, risiko lebih besar terkena osteoporosis. Tentu ini adalah masalah yang cenderung paling berdampak pada orang dewasa, karena kita kehilangan kepadatan tulang secara alami seiring bertambahnya usia, tetapi para peneliti menyimpulkan bahwa atlet juga dapat berisiko jika mereka menggunakan kafein untuk peningkatan kinerja.

YesDok Ads

Misalnya, meskipun delapan cangkir kopi berlebihan, banyak minuman energi memiliki antara 300 hingga 400 mg dalam satu kaleng, dan beberapa suntikan energi 2 ons juga dapat mengandung sebanyak itu.

“Suplemen berkafein, seperti campuran minuman olahraga dapat berkisar antara 150 hingga 300 mg per porsi, bahkan lebih” kata konselor nutrisi dari Virginia, Kristin Gillespie.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, efek kafein tidak bermasalah. BPOM Amerika (FDA) merekomendasikan 400 mg kafein per hari sebagai umumnya aman, dan bahkan Gillespie menyarankan untuk memastikan Anda megonsumsi makanan berkalsium dan vitamin D yang cukup dalam menjaga kesehatan tulang.

“Berolahraga secara teratur adalah bagian penting dari kesehatan tulang, sehingga dapat menyeimbangkan jumlah kafein yang lebih tinggi,” Gillespie menambahkan.

YesDok Ads