Studi: Alasan Manusia Cenderung Makan di Malam Hari

October 24, 2019 | Iman

Manusia disibukkan dengan segala beragam aktivitas yang padat sepanjang hari. Ada kalanya manusia pulang kerja dengan keadaan lelah dan lupa diri ketika dihidangkan dengan makanan atau camilan yang tersedia. Lalu, apakah hal ini salah?

Dilansir Times of India, sebuah studi menunjukkan bahwa lebih mudah untuk mengendalikan keinginan makan ketika di siang hari. Berbeda halnya dengan di malam hari, pada waktu ini manusia mengalami perubahan kadar hormon PYY (hormon peptida tirosin tirosin) yang mempengaruhi keinginan nafsu makan. Terlepas dari kondisi ini, tingkat stres juga memiliki peran utama bagi keinginan lapar Anda.
 
Penelitian itu juga dikuatkan dalam jurnal yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity yang menyebut bahwa orang lebih cenderung makan berlebihan di malam hari karena perubahan hormon. Dalam mendukung penelitian ini, para peneliti mencatat kebiasaan makan 32 orang dewasa yang berusia 18-50. Dari semua partisipan, setengah dari peserta didiagnosis dengan gangguan pesta makan dan semuanya kelebihan berat badan.
 
Para peserta diminta untuk mengambil bagian dalam dua percobaan. Dalam percobaan pertama, mereka diminta untuk berpuasa selama delapan jam sebelum makan pada jam 9 pagi, sedangkan pada percobaan kedua mereka diminta berpuasa untuk jam yang sama diikuti dengan makan pada jam 4 sore. 2 jam setelah makan, para peserta diminta untuk melakukan tes stres dan tepat 30 menit setelah tes ini mereka ditawari untuk memakan apapun sesuatu dari makan yang tidak sehat.

Pada akhir penelitian, ditemukan bahwa partisipan lebih lapar di malam hari daripada di pagi hari. Ini pada dasarnya terjadi karena kadar ghrelin (hormon yang merangsang nafsu makan) lebih tinggi setelah makan siang, sedangkan kadar hormon PYY (hormon yang bertanggung jawab untuk mengurangi nafsu makan) lebih rendah di malam hari.

YesDok Ads

Dengan kata lain ini jelas menyatakan bahwa waktu dalam sehari mempengaruhi nafsu makan dan stres mendorongnya. Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan dalam menguatkan penelitian ini lebih jauh.

“Jika Anda ingin tetap sehat dan mencegah makan berlebihan maka disarankan untuk makan lebih awal sebelum malam hari,” peneliti menambahkan.

(Foto: thehealthy.com)

YesDok Ads