Solusi Mengatasi Gummy Smile Supaya Lebih Percaya Diri

January 23, 2023 | Aqiyu

gummy smile

Gummy smile adalah kondisi dimana terlihatnya gusi yang berlebihan saat senyum. Hal ini sebenarnya bukanlah suatu masalah kesehatan, namun termasuk masalah estetik yang seringkali dikeluhkan karena membuat seseorang tidak percaya diri. Pasalnya biasanya orang tersenyum hanya akan terlihat sebagian kecil gusi pada rahang atas.

Gummy smile dapat disebabkan oleh kondisi pertumbuhan gigi yang abnormal dan berlebih. Tidak tumbuhnya mahkota gigi secara sempurna, adanya masalah otot hingga kelainan pertumbuhan tulang rahang. Gummy smile ini bisa diatasi tergantung dari penyebabnya. Sehingga penanganan untuk kasus gummy smile ini sendiri sangat beragam.

Perawatan gummy smile ini dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:

Operasi pemotongan gusi

Pemotongan gusi ini merupakan salah satu teknik memperbaiki senyuman dengan pembuangan jaringan gusi. Prosedur ini dilakukan untuk memperoleh struktur dan permukaan mahkota gigi yang lebih luas. Selain itu, operasi ini juga penting untuk kesehatan gusi agar tidak banyak atau sisa makanan.

Operasi reposisi bibir

Pada umumnya pasien gummy smile melakukan perawatan reposisi bibir. Namun metode ini membuat bibir menjadi lebih pendek. Serta pemulihan dari operasi reposisi bibir ini membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 3 minggu karena luka yang cukup lebar.

YesDok Ads

Bedah ortognatik

Jika gummy smile terjadi akibat rahang maka dokter ahli akan merekomendasikan bedah ortognatik. Prosedur ini untuk menyamakan atau menyeimbangkan panjang rahang atas dan bawah. Sebelum melakukan operasi rahang, Anda akan diminta untuk menggunakan behel atau kawat gigi untuk memastikan gigi dan lengkungan mulut dalam keadaan sejajar.

Suntik botox

Suntik botox juga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi gummy smile. Dalam sebuah studi, wanita yang melakukan suntikan Botox untuk melumpuhkan otot lift di bibirnya. Hasilnya, setelah dua minggu mereka yang melakukan suntik botox melihat perbedaan pada senyumnya. Dokter akan menyuntikkan pada bibir atas untuk melumpuhkan otot agar tidak mengangkat terlalu tinggi saat senyum.

Berikut adalah informasi mengenai cara mengatasi gummy smile agar Anda bisa lebih percaya diri. Simak informasi lainnya mengenai cara menjaga kesehatan mulut.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: siti med spa)

YesDok Ads