Solusi Canggih untuk Atasi Kebotakan

October 25, 2019 | Helmi

Kebotakan masih menjadi salah satu perhatian terbesar pria. Sejumlah perawatan tersedia di pasaran tetapi mungkin sulit untuk menemukan yang terbaik untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Para peneliti di University of Wisconsin-Madison mengembangkan teknologi yang dapat dipakai yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut. Terdengar menarik.

Pengembang mengatakan perangkat mereka berbiaya rendah dan dapat dikenakan di bawah topi. Teknologi yang dapat dikenakan ini ditenagai oleh pergerakan pengguna, yang menghilangkan kebutuhan baterai yang besar.

Perangkat, yang dijelaskan dalam jurnal ACS Nano, bekerja dengan menstimulasi kulit dengan listrik frekuensi rendah. Energi tersebut mengetuk folikel yang tidak aktif untuk mengaktifkan kembali dan memulai produksi rambut.

Para peneliti mengatakan teknologi yang dapat dikenakan akan bekerja dengan baik dengan pria pada tahap awal kebotakan pola.

YesDok Ads

"Saya pikir ini akan menjadi solusi yang sangat praktis untuk regenerasi rambut," Xudong Wang, seorang profesor ilmu dan teknik material di UW-Madison. "Stimulasi listrik dapat membantu berbagai fungsi tubuh."

Saat diuji pada tikus yang tidak berambut, perangkat ini merangsang pertumbuhan rambut dengan tingkat listrik yang rendah. Para peneliti mengatakan itu bekerja sama efektifnya dengan dua senyawa berbeda dari perawatan kebotakan.

Denyut listrik tidak menembus lebih dalam dari lapisan kulit kepala terluar. Pengguna hanya menerima rangsangan lembut yang tidak akan menimbulkan efek samping, kata para peneliti.

"Ini adalah sistem yang diaktifkan sendiri, sangat sederhana dan mudah digunakan," kata Wang. "Energinya sangat rendah sehingga akan menimbulkan efek samping minimal. Sebelum pekerjaan kami, tidak ada solusi yang benar-benar baik untuk perangkat profil rendah yang memberikan stimulasi yang lembut namun efektif."

YesDok Ads