Snack yang Tepat dan Sehat Bantu Belajar Anak Mandiri

August 10, 2020 | Iman

Anak memakan buah semangka

Perlu diketahui orang tua bahwa 30% nutrisi harian bayi usia 8 bulan ke atas yang diperoleh dari MPASI (Makanan Pendamping ASI) diberikan dalam bentuk makanan selingan (snack). 

Oleh karenanya, orang tua perlu memilih jenis snack yang tepat untuk si kecil, baik dari segi kandungan gizi, tekstur, rasa, dan jenis snack itu sendiri. 

Snacking untuk bayi tidak hanya dapat bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan asupan gizi dan variasi makanan, namun juga dapat menjadi sarana untuk menstimulasi kemampuan motorik halus dan melatih self-feeding skill untuk membentuk kemandirian sejak dini.

Para ahli juga menuturkan bahwa pentingnya snacking bagi bayi dimana memasuki akhir usia 7 bulan, bayi mulai mampu mengkoordinasikan gerak motorik halus, seperti meraih, mengambil dan memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan lainnya dengan baik dan mampu menjimpit benda dengan kedua jarinya. Periode ini menunjukkan bahwa kemampuannya untuk memegang dan melepas makanan semakin berkembang. 

Dalam fase ini, orang tua juga dapat memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat yaitu agak kecil namun mudah lumer dalam mulut agar bayi tidak tersedak sebagai snack, untuk melatih kemampuan menjimpit agar jemari tangannya semakin lincah. 

YesDok Ads

Stimulasi yang diberikan, bisa berdampak pada perkembangan kemandirian makan, kemampuan memegang alat tulis hingga kemampuan menulis di kemudian hari.

Dalam memberikan snack yang tepat untuk buah hati, orang tua juga perlu memilih snack yang bergizi. Snack yang bergizi artinya mengandung baik zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak untuk memenuhi asupan energi harian dan zat gizi mikro yaitu vitamin, mineral, omega 3 & 6 untuk bantu optimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil.

Snacking bagi bayi usia 8 bulan ke atas juga dapat menjadi sarana melatih self-feeding skill, yang dapat melatih kemandirian anak sejak usia dini. 

Di masa ini, bayi juga sedang berada pada tahap oral development, yaitu dimana bayi suka memasukkan benda apapun ke dalam mulut, karenanya memberikan snack merupakan salah satu cara agar tetap dapat memenuhi rasa keingintahuannya, namun dengan cara yang aman, sehat dan sesuai dengan tahapan usianya.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads