SLEEP HYGIENE SOLUSI AWAL UNTUK YANG SUSAH TIDUR

March 05, 2021 | Dr. Marshell Timotius Handoko, S.Ked

sleep hygiene

Tidur merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan. Tubuh melakukan banyak proses regenerasi sel-sel saat kita tidur. Tidur bisa dianggap sebagai waktu pemulihan bagi tubuh selama seharian setelah beraktifitas. Tidur yang baik tidak hanya bicara soal kuantitas (jam tidur), namun juga harus memperhatikan aspek kualitas tidur. Waktu dan kualitas tidur yang kurang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga tidur yang berlebih membuat tubuh menjadi tidak produktif. Prinsip dasarnya adalah harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Namun secara umum memang disarankan seseorang dewasa tidur minimal 6-8 jam saat malam hari. 

Kenyataan yang sering adalah banyak yang mengalami gangguan untuk susah tidur atau bahkan tidur yang tidak berkualitas. Tentunya kondisi susah tidur perlu di evaluasi penyebabnya untuk menyelesaikan apa yang jadi masalah penyebab. Berkonsultasi dengan dokter YesDok merupakan langkah awal tepat untuk mengetahui dan melakukan deteksi dini terkait masalah tidur yang anda alami. 

Selain penyebab-penyebab organik (ada penyakit tertentu) yang membuat seseorang sulit atau susah tidur. Seringkali kebiasaan yang dilakukan sehari-hari merupakan hal yang tidak tepat yang mempengaruhi seseorang menjadi sulit atau susah tidur. 

Secara medis ada langkah yang bisa dilakukan yang disebut dengan istilah “sleep hygiene” yang dipercaya bisa membantu seseorang untuk lebih mudah masuk tidur. Hal ini pun dilakukan dengan merubah kebiasaan-kebiasaan yang salah dan tidak tepat yang terlalu sering dilakukan sebelum tidur.

YesDok Ads

Berikut hal-hal penting dilakukan terkait “sleep hygiene” :

  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan seks (tidak menonton televisi atau membaca di tempat tidur, atau bermain gadget)
  • Hindari kafein, terutama di sore hari; 
  • Hindari aktivitas yang akan membuat Anda terstimulasi dan kesal di sore hari; berlatih teknik relaksasi sebelum tidur
  • Berolahragalah setiap hari
  • Pertahankan jadwal teratur untuk waktu tidur dan bangun; hindari tidur siang
  • Jangan menonton jam saat di tempat tidur; hindari berjuang untuk tertidur di tempat tidur — sebaliknya, bangun dan habiskan waktu tenang di tempat lain sampai rasa ngantuk datang dan bisa tidur. 

Hal-hal diatas bisa anda coba lakukan dan lakukan perubahan kebiasaan agar masalah kesulitan tidur anda bisa teratasi. Namun jika ada masalah lain, baiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter YesDok dan dapatkan solusi yang tepat terkait masalah anda. Berkonsultasi dengan dokter bukan berarti anda harus konsumsi obat tidur. Dokter YesDok akan memberikan saran-saran yang lebih tepat untuk menghindari penggunaan obat tidur dan bahkan saran rujukan yang tepat untuk anda mengetahui masalah utama yang mungkin terjadi menjadi penyebab anda susah tidur

 

YesDok Ads