Singapura Setujui Tes Covid-19 Melalui Nafas, Berikan Hasil Dalam Satu Menit

June 03, 2021 | Iman

Tes nafas

Menurut pernyataan dari Universitas Nasional Singapura, Tes nafas yang dirancang untuk mendeteksi Covid-19 dan memberikan hasil yang akurat dalam satu menit telah disetujui untuk digunakan di Singapura.

Alat tersebut Dikembangkan oleh Breathonix Pte Ltd, sebuah perusahaan spin-off dari National University of Singapore (NUS), Sistem Tes Nafas BreFence Go Covid-19 adalah sistem analisis nafas pertama yang mendapatkan otorisasi sementara di Singapura.

Bagaimana cara perangkat Breathonix berfungsi?

Perangkat Breathonix bekerja dengan mendeteksi Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada dalam nafas yang dihembuskan seseorang. VOC sendiri diproduksi oleh berbagai reaksi biokimia dalam sel manusia.

Karena tanda VOC dari pernapasan orang sehat berbeda dari orang yang sakit, perubahan VOC dapat diukur sebagai penanda penyakit seperti COVID-19.

Tes nafas sendiri dipilih karena mudah dilakukan oleh petugas profesional yang tidak perlu menjadi staf yang terlatih secara medis atau pemrosesan laboratorium.

Seseorang hanya perlu meniup ke corong katup satu arah sekali pakai yang terhubung ke pengambil sampel nafas presisi tinggi.

Lalu Nafas yang dihembuskan dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam spektrometer massa mutakhir untuk pengukuran.

Selanjutnya Algoritme yang merupakan perangkat lunak menganalisis penanda biologis VOC dan menghasilkan hasil dalam waktu kurang dari satu menit.

Setiap individu yang disaring positif harus menjalani uji usap COVID-19 Polymerase Chain Reaction (PCR).

Tes Breathonix sejauh ini telah menjalani tiga uji klinis, dua di Singapura dan satu lagi di Dubai. Alat ini mencapai sensitivitas 93% dan spesifisitas 95% dalam satu studi percontohan awal berbasis di Singapura yang melibatkan 180 pasien. 

(Foto : Voi.id)

YesDok Ads