Sindrom Ramsay Hunt, Saat Satu Sisi Wajah Lumpuh

June 26, 2022 | Aqiyu

Sindrom Ramsay Hunt, Saat Satu Sisi Wajah Lumpuh

Baru-baru ini banyak informasi yang berseliweran di media social mengenai kondisi satu sisi wajah lumpuh. Hal ini pun menimpa penyanyi internasional Justin Bieber yang mengaku bahwa dirinya terkena sindrom ramsay hunt. Apakah sindrom ramsay hunt ini? Simak ulasannya berikut ini.

Mengutip dari laman Dinas Kesehatan Kalbar, sindrom ramsay hunt adalah gangguan saraf yang ditandai dengan gejala berupa lumpuhnya saraf wajah. Sindrom ini membuat Sebagian sisi wajah lumpuh. Biasanya sindrom ini muncul ditandai dengan munculnya ruam di area telinga dan mulut., bintil kemerahan yang berisi cairan, dan nyeri. Sindrom ramsay hunt ini memengaruhi sistem wajah di dekat telinga sehingga bisa memunculkan gangguan pendengaran. Sindrom ini harus segera mendapatkan pertolongan medis karena jika dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi. Adapun komplikasi yang bisa ditimbulkan dari sindrom ramsay hunt ini adalah kelumpuhan sisi wajah, kehilangan pendengaran, nyeri kronis hingga gangguan penglihatan.

Berdasarkan NORD (National Organization for Rare Disorders), sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster(VZV). Ini adalah virus yang juga menyebabkan penyakit cacar air dan herpes zoster (Cacar Api).

Cacar air sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya gejala ruam merah hampir di seluruh tubuh. Ruam merah ini berisikan cairan yang menimbulkan rasa gatal disertai demam, sakit kepala, kelelahan dan kehilangan nafsu makan. Pada umumnya, cacar air ini menyerang anak-anak, sementara herpes zoster dapat dialami orang dewasa. Bedanya ruam tersebut dapat menyebabkan bengkak dan berubah menjadi luka melepuh.

YesDok Ads

Oleh karena itu, sindrom ramsay hunt dapat dialami oleh orang yang memiliki riwayat cacar air atau cacar api. Karena setelah seseorang sembuh dari cacar, virus varicella zoster ini tidak menghilang begitu saja dari tubuh melainkan hanya tertidur dalam saraf manusia.

Gejala khas dari sindrom ramsay hunt yang wajib diwaspadai selain lumpuhnya satu sisi wajah adalah sulit untuk tersenyum, mengernyitkan dahi dan menutup mata. Walaupun  gejala sindrom ramsay hunt ini hanya bersifat sementara sebaiknya segera mendapatkan pengobatan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter terpercaya melalui video call, hubungi dokter-dokter Yesdok Indonesia.

(Foto: houston ent)

YesDok Ads