Simpan Struk Belanja Bisa Picu Kanker, Hati-hati

June 15, 2019 | Aqiyu

Bagi yang hobi belanja, menyimpan struk belanjaan mungkin suatu hal yang sering dilakukan. Menyimpan stuk belanja terlihat sangat sepele. Namun siapa sangka jika menyimpan struk belanja ternyata memengaruhi kesehatan tubuh.

Sebaiknya struk belanjaan tidak disimpan terlalu lama di dalam dompet atau pun tas. Bahaya dari menyimpan struk belanja bisa memicu penyakit kanker yang mematikan. Hal ini dikarenakan struk tersebut mengandung zat berbahaya.

Zat tersebut adalah BPA atau Bisphenol A. Zat BPA adalah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk mengeraskan plastik. Zat kimia ini bisa dengan mudah dijumpai pada barang-barang seperti plastik wadah makanan, botol plastik, hingga struk kertas belanja. Wadah makanan dan minuman yang beradar kini banyak yang mengklaim bebas BPA, tapi tidak dengan struk belanja.

Seperti yang dilansir Plastic Pollution Coalition, zat BPA yang terdapat di dalam struk belanja bisa mengganggu system reproduksi pria dan wanita. Hal ini terjadi karena kertas tersebut menyerap senyawa kimia yang menyerupai esterogen ke kulit Anda. BPA yang ada distruk belanja tidak terikat kimiawi. Sehingga Anda dengan sangat mudah terpapar racun dari struk belanja tersebut. Cara terpaparnya pun mulai dari menyentuhnya secara langsung, melalui uang dan benda lainnya yang tercampur dengan struk belanja.

YesDok Ads

Sebuah penelitian yang melibatkan hewan juga menunjukkan bahwa BPA sangat berbahaya karena bisa mengganggu fungsi hormon endokrin. Kandungan yang terdapat pada BPA memiliki efek yang sama seperti hormon estrogen, dimana hormon tersebut bisa menyebabkan perubahan kelenjar prostat dan jaringan payudara. Meski penelitian bahaya BPA baru dilakukan ada hewan, para peneliti tetap mengimbau agar menghindari segala sesuatu yang mengandung BPA.

Jadi, dengan menyimpan struk belanjaan dalam jangka waktu yang lama bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker payudara, kanker prostat, hingga diabetes.

Penelitian lain yang dilakukan oleh tiga Negara seperti Brasil, Spanyol, dan Perancis juga mengungkapkan hal yang senada. Ketiga Negara tersebut telah membuktikan bahwa BPA yang ada di struk belanja bisa memicu penyakit kanker. 

(Foto: foodingredientsfirst)

YesDok Ads