Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Kenapa?

September 28, 2021 | Claudia

Siklus menstruasi

Setiap wanita, pasti mengalami menstruasi. Menstruasi terjadi ketika sel telur yang terletak di dalam tubuh wanita tidak dibuahi. Saat hal ini terjadi, sel telur akan luruh bersama dinding uterus dan keluar dari tubuh melalui vagina dalam bentuk darah.

Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda.Siklus menstruasi normalnya berjalan selama 21-35 hari. Akan tetapi, beberapa wanita mengeluhkan siklus menstruasinya yang tidak teratur. Beberapa wanita mengaku sering mengalami menstruasi yang terlambat, terlalu sering, atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, yakni:

Apa yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur?

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi salah satu penyebab utama dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Hormon estrogen dalam tubuh wanita memengaruhi kesuburan juga siklus menstruasi. Hormon estrogen dan progesteron saling membantu satu sama lain dalam mengatur sistem reproduksi yang salah satu tugasnya mengatur siklus menstruasi. Jika salah satu atau kedua hormon tersebut bermasalah, ini bisa memengaruhi siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur.

Stres

YesDok Ads

Stres merupakan salah satu masalah umum yang dialami oleh banyak orang dewasa, maupun orang-orang dari kelompok usia lainnya. Hipotalamus merupakan salah satu bagian dari otak yang berfungsi mengatur hormon, termasuk hormon reproduksi wanita, estrogen, dan progesteron. Jika dalam keadaan stres, produksi estrogen dan progesteron akan terganggu, sehingga akan menyebabkan kacaunya siklus menstruasi seseorang.

Endometriosis

Endometriosis merupakan salah satu kondisi yang bisa memengaruhi siklus menstruasi. Endometriosis terjadi ketika lapisan dinding rahim atau endometrium tumbuh secara tidak normal di luar rongga rahim. Setelah endometrium mengalami proses penebalan dan luruh, darah yang seharusnya keluar dari tubuh malah mengendap dan terjebak di dalam rahim. Endapan ini kemudian akan mengiritasi jaringan di sekitarnya dan lama kelamaan jaringan parut akan terbentuk.

Meski tidak mematikan, namun endometriosis dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa ketika menstruasi. Jika Anda mengalami nyeri saat menstruasi juga siklus menstruasi yang tidak teratur, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

Kurang gizi

Kurangnya gizi dalam tubuh dapat mengacaukan siklus menstruasi. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, vitamin B, asam lemak esensial, serat, dan seng untuk melancarkan kembali siklus menstruasi Anda. Kelima nutrisi penting ini dapat membantu menyeimbangkan produksi hormon yang mengatur siklus menstruasi.

(Foto: netdoctor.co.uk)

YesDok Ads