Siapa Saja yang Perlu Konsultasi Ke Dokter Gizi?

October 02, 2022 | Aqiyu

Siapa Saja yang Perlu Konsultasi Ke Dokter Gizi?

Konsultasi gizi sebenarnya penting dilakukan oleh siapapun, bukan hanya bagi orang yang sedang menjalankan diet saja. Apalagi setiap orang membutuhkan asupan gizi yang berbeda-beda setiap harinya. Mengetahui  berapa jumlah asupan gizi yang pas tentu saja sangat baik untuk menunjang kesehatan. Lalu, siapa saja yang perlu berkonsultasi ke dokter gizi?

Mengonsumsi makanan yang enak belum tentu dapat memenuhi kebutuhan gizi Anda. Dampak dari kekurangan gizi paling umum adalah penurunan berat badan, mudah Lelah, gusi dan mulut sering mengalami luka. Bukan hanya, bagian pipi dan mata pun tampak cekung serta mudah merasa kedinginan. Anda mungkin membutuhkan konsultasi ke dokter gizi jika:

ingin menjalani pola hidup sehat

Bila Anda memiliki gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter gizi. Karena penderita gangguan makanan bisa. Mengalami malnutrisi dan dehidrasi yang parah. Jika Anda ingin menjalani pola hidup sehat serta ingin menurunkan berat badan dengan sehat jangan ragu untuk berkonsultasi. Anda akan disarankan rencana diet yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penderita obesitas

Menurunkan berat badan bagi orang yang obeistas tidak boleh sembarangan. Mereka harus dipandu untuk menerapkan pola makan yang baik dan seimbang. Perencanaan ini bertujuan agar penderita obesitas tetap dapat mengonsumsi makanan tanpa mengurangi semua nutrisi dan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengidap diabetes dan penyakit jantung

Pola makan dan kebutuhan gizi orang normal dengan orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung tentu berbeda. Terkadang asupan gizi dan nutrisi pada pengidap penyakit kronis ini  tidak terpenuhi. Karena gejala pada penyakit ini dapat menurunkan nafsu makan. Sedangkan orang dengan penyakit tertentu tetap harus memenuhi asupan gizi harian agar tidak memperburuk kondisi.

Orang dengan masalah pencernaan

Masalah pencernaan dapat memengaruhi perubahan pada pola makan Anda. Biasanya masalah pencernaan yang membutuhkan bantuan dokter gizi adalah penderita sindrom iritasi usus besar. Dimana kondisi ini bisa membuat Anda sensitive terhadap beberapa bahan makanan tertentu seperti gluten atau protein. Dokter gizi ini akan membimbing memperbaiki pola makan Anda.

(Foto: krisna medica)

YesDok Ads