Setelah Melahirkan, Ini Posisi Tidur yang Tepat

June 15, 2022 | Aqiyu

Setelah Melahirkan, Ini Posisi Tidur yang Tepat

Salah satu hal yang harus diperhatikan setelah melahirkan adalah posisi tidur. Posisi tidur ini bukan hanya soal kenyamanan ibu saat beristirahat, tapi ternyata posisi tidur juga dapat memengaruhi cepat atau lambatnya masa pemulihan. Pasca melahirkan mungkin Anda akan berpikir bagaimana posisi tidur yang baik, aman, nyaman dan tepat untuk ibu setelah melahirkan normal maupun Caesar?

Istirahat yang cukup dapat membantu mengembalikan stamina. Mengingat pasca melahirkan Anda akan sering terbangun malam hari untuk menyusui si kecil. Belum lagi, ada beberapa bagian tubuh yang terasa sakit dan tidak nyaman yang menyebabkan terganggunya waktu tidur Anda. Untuk posisi tidur yang nyaman setelah melahirkan pastinya yang tidak memberikan tekanan dan menimbulkan ketegangan otot. Berikut posisi tidur yang tepat setelah melahirkan:

Posisi miring

Posisi tidur ke arah samping atau miring masih tergolong aman untuk ibu pasca melahirkan. Namun, perhatikan bagian punggung dan bokong yang tetap harus lurus dan jangan terlalu condong ke belakang. Agar tidak gampang pegal, Anda bisa mengkombinasikan posisi tidur menyamping dengan telentang.

Posisi telentang

Posisi ini lebih aman untuk ibu baru melahirkan selama beberapa hari atau satu minggu pertama pasca melahirkan. Dengan posisi telentang, bagian perut, bekas sayatan Caesar ataupun vaginan tidak tertekan lebih dan dapat mengurangi rasa nyeri. Agar lebih nyaman, Anda bisa meletakkan bantal dibawah lutut jika masih terjadi pendarahan.

Menggunakan bantal di beberapa bagian tubuh

Bila Anda merasakan tidak nyaman saat tidur dan ingin menambahkan bantal di beberapa bagian tentu diperbolehkan. Misalnya di bagian lutut, atau menumpuk bantal agar lebih tinggi untuk meningkatkan rasa nyaman dan pernapasan menjadi lebih lancar.

Selain posisi tidur, kualitas tidur yang baik juga bisa diperoleh dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan santai. Hindari melakukan aktivitas berat dengan naik turun tangga atau mengangkat barang yang berat. Sertakan pula pola makan yang sehat, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Termasuk mengandung anti inflamasi dan vitamin C untuk membantu mempercepat pemulihan luka pasca melahirkan. 

(Foto: the economics times)

YesDok Ads