Sexuality
Adult
+1

Seseorang Cenderung Berbohong Saat Berbicara Mengenai Seks

November 08, 2019 | Helmi

Seks itu menyenangkan dan mengasyikkan. Tetapi saat seseorang dihadapkan pada persoalan ini, mereka cenderung menjadi pembohong.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology, menemukan bahwa kebohongan dapat membantu mendorong orang untuk berhubungan seks. Para peneliti mengatakan orang mengubah sikap dan berbohong ketika mereka ingin melakukan hubungan seks di pikiran mereka.

Orang-orang terlibat dalam “penyajian diri yang menipu” untuk mengelola kesan pertama ketika berada di depan pasangan seksual yang potensial. Tujuan utama kebohongan adalah "membuat orang berpikir tentang berbagai hal secara seksual."

Temuan ini berasal dari analisis data dari 634 siswa di sebuah universitas Israel. Para peneliti melakukan empat tes berbeda yang melibatkan paparan rangsangan seksual dan interaksi dengan orang asing yang berlawanan jenis kelamin.

Ketika diminta untuk berdebat dalam interaksi tatap muka, para siswa yang prima secara seksual menyatakan persetujuan dengan peserta lawan jenis meskipun memiliki pendapat yang bertentangan. Para peneliti mengatakan tindakan ini bertujuan untuk membuat kesan yang menguntungkan dan lebih dekat dengan orang itu.

Tim peneliti kemudian menguji apakah para peserta akan mengubah preferensi yang mereka nyatakan untuk mendukung gagasan orang asing. Tes ini melibatkan pertukaran online dan membuat profil baru berdasarkan preferensi peserta lain.

YesDok Ads

Hasil menunjukkan bahwa para peserta lebih menyesuaikan diri dengan preferensi pasangan potensial ketika mereka menemukan bahkan rangsangan seksual secara tidak sadar mereka rasakan.

"Keinginan untuk mengesankan pasangan potensial sangat kuat ketika datang ke preferensi yang berada di jantung membangun ikatan intim," kata para peneliti dalam sebuah pernyataan. "Perubahan sikap seperti itu mungkin dipandang sebagai sesuatu yang berlebihan, atau sebagai langkah yang tidak berbahaya untuk mengesankan atau lebih dekat dengan calon pasangan."

Tim terus menguji perilaku siswa dan mencoba untuk melihat apakah mereka akan berbohong tentang jumlah pasangan seksual masa lalu. Para peserta diminta untuk berbicara tentang jumlah total pasangan seksual yang mereka miliki saat mengobrol dengan orang dalam studi yang menarik dan dalam kuesioner.

Baik partisipan pria maupun wanita yang secara seksual prima mengurangi jumlah sebenarnya dari pasangan sebelumnya ketika berbicara dengan orang asing yang menarik. Peneliti mengatakan para peserta berpotensi bertujuan untuk tampil lebih selektif.

"Orang-orang akan melakukan dan mengatakan apa saja untuk menjalin hubungan dengan orang asing yang menarik," kata Gurit Birnbaum, seorang psikolog sosial dan profesor psikologi di Interdisciplinary Center Herzliya di Israel. "Ketika sistem seksualmu diaktifkan, kamu akan termotivasi untuk menampilkan dirimu dengan cahaya terbaik. Itu artinya kamu akan memberi tahu orang asing hal-hal yang membuatmu terlihat lebih baik daripada sebenarnya."

(foto: medical daily)

YesDok Ads