Sering Tidur Ngorok? Lakukan Cara Ini

April 25, 2022 | Aqiyu

mendengkur

Ngorok atau mendengkur merupakan suara serak atau keras yang berasal dari hidung atau mulut yang terjadi saat bernapas Sebagian terhalang saat tidur. Mendengkur juga bisa disebabkan oleh hal diluar penyakit. Misalnya hidung tersumbat, anatomi hidung dan langit-langit lunak hingga gaya hidup seperti sering mengonsumsi alkohol.

Namun ngorok juga bisa mengindikasikan adanya penyakit jantung dan gejala gangguan tidur seperti obstructive sleep apnea (OSA). Ngorok bisa menimbulkan menimbulkan dampak serius pada kesehatan. Seperti terjadinya peningkatan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Selain itu, biasanya orang yang mengorok saat tidur bisa mengalami kesulitan konsentrasi, mudah marah dan emosi. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mudah mengatasi tidur yang ngorok sebagai berikut: 

Tidur miring

Posisi yang salah bisa menyebabkan Anda mengorok. Pada penderita sleep apnea, tidur dengan posisi telentang bisa memperburuk kondisi mendengkur. Untuk posisi tidur yang disarankan untuk mencegah mendengkur adalah tidur dengan posisi miring atau menyamping. Anda juga bisa meninggikan kepala sekitar 10 cm agar saluran pernapasan lebih tersanggah dan terbuka.

Cukup minum

Pastikan asupan cairan harian Anda terpenuhi dengan baik. Anda juga bisa minum air putih terlebih dahulu sebelum tidur. Hal ini berguna untuk mencegah cairan sekresi di hidung dan tenggorokan tidak lengket.

Istirahat yang cukup

YesDok Ads

Rasa lelah yang berlebihan juga bisa menyebabkan Anda mendengkur. Kelelahan membuat otot saluran pernapasan jadi lebih rileks dan menimbulkan suara dengkuran yang keras.

Mandi air hangat

Mandi air hangat atau menghirup uap hangat sebelum tidur bisa menghilangkan dengkuran saat tidur. Dengan mandi air hangat dapat membuka saluran pernapasan dan mengurangi risiko mengorok.

Jaga kelembaban udara kamar

Usahakan Anda selalu menjaga kelembaban udara kamar saat tidur. Udara kamar yang terlalu dingin bisa membuat udara menjadi kering. Sehingga memicu hidung menjadi mampet, udara yang masuk ke saluran pernapasan menjadi terbatas dan memicu Anda mendengkur.

(Foto: sleep apnea treatment)

YesDok Ads