Sering Tidak Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal

January 18, 2022 | Aqiyu

ginjal rusak

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Bila organ ini tidak bekerja dengan baik maka dapat memicu sejumlah penyakit ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Banyak faktor yang dapat merusak kesehatan ginjal diantaranya ada beberapa kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan setiap hari tanpa Anda sadari. Adapun kebiasaan tersebut sebagai berikut:

Sering menahan buang air kecil

Banyak dampak buruk yang terjadi jika sering menahan buang air kecil terlalu lama. Salah satu dampak menahan buang air kecil bisa menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal. Karena batu ginjal merupakan batu kecil yang terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium. Jadi, jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin akan membentuk batu.

Konsumsi garam berlebihan

Mengonsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Karena dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan cairan. Akibatnya, cairan bisa menumpuk dan meningkatkan tekanan darah. 

Kurang konsumsi air putih

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi ini bisa memicu banyak masalah kesehatan seperti merusak ginjal. Karena dehidrasi limbah dalam tubuh menjadi menumpuk dan menyumbat ginjal dengan protein otot (mioglobin) sehingga dapat melukai ginjal.

Kebiasaan konsumsi alkohol

Ginjal menyaring lebih dari 120 liter darah setiap harinya. Ginjal juga berfungsi untuk menyaring zat berbahaya dari darah di tubuh termasuk zat pada alkohol. Zat alkohol bisa mengubah fungsi ginjal sehingga penyaringan darah kurang optimal. Alkohol juga memengaruhi kemampuan ginjal dalam mempertahan jumlah air.

Banyak konsumsi gula

Sering mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam jumlah yang banyak sebagai asupan cairan tetap membuat tubuh kekurangan cairan.  Asupan cairan yang kurang pada tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan ginjal hingga gagal ginjal.

Kurang gerak

Malas gerak sama artinya dengan menyiksa ginjal. Para peneliti di Inggris sudah membuktikan bahwa lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk berhubungan erat dengan risiko kerusakan ginjal. Belum diketahui bagaimana keduanya bisa saling memengaruhi. Namun terlalu banyak duduk atau malas gerak memang dianggap tidak sehat.

(Foto: stop the leak)

YesDok Ads