Sering Tertidur Secara Tiba-Tiba, Kenapa?

May 02, 2022 | Claudia

Tertidur

Beberapa orang bisa tiba-tiba tertidur secara tidak sadar. Ini biasanya disebabkan oleh kurang tidur. Namun, ada juga beberapa penyebab lain yang lebih serius.

Beberapa faktor gaya hidup bisa menyebabkan seseorang tidur secara tiba-tiba, di antaranya:

Kebiasaan tidur

Alasan paling umum dari seseorang yang bisa tiba-tiba tertidur adalah, ia tidak cukup tidur. Dalam sehari, seseorang butuh tidur 7–9 jam setiap malamnya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka ia akan kekurangan energi untuk menjalani aktivitas, sehingga tidak heran jika ia mudah atau sering tiba-tiba tertidur.

Beberapa kebiasaan yang membuat seseorang sulit tidur sehingga berakhir kurang tidur, yakni:

  • Tidak tidur pada waktu yang sama setiap harinya
  • Menggunakan gawai sebelum tidur
  • Makan besar atau makan berat sebelum tidur

Konsumsi alkohol dan penggunaan narkoba

YesDok Ads

Konsumsi alkohol bisa mengurangi kualitas tidur. Tak hanya itu, penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba seperti kokain dan amfetamin juga dapat mengganggu siklus tidur seseorang. 

Kerja shift malam

Pekerja shift malam akan merasa sangat kelelahan di siang hari, bahkan beberapa di antaranya mengalami insomnia. Ini karena mereka melakukan siklus hidup yang berseberangan dengan kehidupan normal, yakni kerja di malam hari dan tidur di siang hari.

Menyalakan lampu saat tidur

Siklus bangun dan tidur tubuh memiliki hubungan yang kuat dengan siklus harian matahari. Paparan cahaya saat tidur bisa menyebabkan seseorang sulit tertidur. Untuk itu, buatlah suasana kamar tidur yang nyaman dan tidak terlalu terang. Anda bisa menyediakan dua lampu di kamar, di mana salah satunya adalah lampu tidur yang lebih remang, sehingga Anda bisa menciptakan ruang tidur yang nyaman.

(Foto: everydayhealth.com)

YesDok Ads