Sering Terpapar Matahari? Ini Perawatan Kulit yang Tepat

July 07, 2020 | Claudia

Paparan matahari

Matahari sedang terik-teriknya, dan Anda harus keluar rumah. Awas, jangan sampai Anda keluar tanpa memakai perlindungan apapun untuk kulit. Sinar matahari yang terlalu terik, bisa-bisa merusak kulit Anda!

Selain memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, Anda juga bisa melakukan perawatan lain agar menjaga kulit tetap sehat walau kerap mengalami efek akibat terpapar sinar matahari. Sebab, tidak mungkin Anda terus-menerus menghindari matahari sementara Anda juga harus beraktivitas di luar rumah. 

Agar kulit Anda terbebas dari efek sinar matahari yang berbahaya, Anda bisa melakukan berbagai perawatan ini:

Es

Kulit yang terpapar sinar matahari bisa teriritasi dan memerah. Anda bisa menenangkan kulit yang telah terpapar sinar matahari dengan bantuan es. Tapi perlu diingat, bahwa tidak disarankan untuk mengaplikasikan es langsung ke kulit. Bungkus es terlebih dahulu dengan kain atau handuk bersih, baru tempelkan ke kulit Anda.

YesDok Ads

Lidah buaya

Gel lidah buaya juga bisa membantu kulit yang terpapar atau bahkan terbakar sinar matahari. Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit, sehingga membantu proses penyembuhan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebih. Gel lidah buaya juga dapat berperan sebagai pelembap untuk kulit. Aplikasikan gel lidah buaya setelah Anda mengoleskan es ke seluruh kulit Anda.

Jus lemon

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit menggelap dan kecokelatan. Namun, perawatan dengan jus lemon bisa membantu Anda untuk mengembalikan warna kulit yang cerah. Oleskan jus lemon pada area kulit yang menggelap, lalu biarkan hingga mengering. Setelahnya, bilas dengan air bersih dan keringkan lagi kulit Anda dengan handuk. Ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads