Sering Sulit Tidur? Yuk Coba Terapkan Tips Berikut Ini

July 01, 2020 | Helmi

tidur

Kurangnya tidur di malam hari menyebabkan beberapa masalah, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, hingga depresi. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami masalah kesulitan untuk tidur di malam hari.

Untungnya, para peneliti telah menemukan cara untuk membantu orang tidur dengan mudah di malam hari dan meningkatkan kualitasnya.

Berikut ini adalah tips bagi Anda untuk dapat tidur dengan lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Hindari Ponsel, Tablet, Perangkat Elektronik Lainnya

Menggunakan perangkat elektronik di malam hari dapat berdampak negatif terhadap tidur Anda. Itu karena paparan cahaya biru, yang menghambat produksi melatonin, hormon yang mendorong tidur.

Ponsel, tablet, laptop, atau bahkan TV dapat membuat orang terpapar cahaya biru. Satu studi dari University of Haifa di Israel menemukan bahwa paparan antara jam 9:00 malam hingga 11:00 malam mungkin tidak hanya mengurangi produksi melatonin tetapi juga mempersingkat waktu tidur dan merusak kualitas tidur.

Orang harus menghindari penggunaan elektronik 90 menit hingga dua jam sebelum tidur untuk menghindari efek cahaya biru pada tidur, menurut Psychology Today.

Jangan Minum Alkohol Tepat Sebelum Tidur

YesDok Ads

Banyak orang percaya bahwa minum dapat membantu mereka tidur lebih baik. Tetapi alkohol justru dapat mengganggu tidur.

Ini terutama memaksa orang untuk bangun di malam hari untuk buang air kecil. Minum alkohol sebelum tidur juga dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan tidur, seperti sleepwalking, sleep apnea, kelumpuhan dan penurunan produksi melatonin.

Kelola Suhu Kamar

Selain menghindari elektronik dan alkohol, hindari juga suhu panas di malam hari. Suhu ruangan yang lebih dingin pada 65 hingga 67 derajat Fahrenheit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Suhu kamar yang panas memengaruhi efisiensi tidur karena orang cenderung bangun di malam hari.

Olahraga

Ini adalah salah satu tips paling umum yang diberikan para ahli untuk membantu orang meningkatkan waktu dan kualitas tidur. Kegiatan fisik di siang hari dapat membantu mencapai tidur nyenyak di malam hari dan meningkatkan produksi melatonin.

(Foto: freepik)

YesDok Ads