Sering Pusing Usai Minum Kopi, Kenapa?

June 01, 2022 | Claudia

Pusing usai minum kopi

Kopi menjadi minuman favorit banyak orang. Bahkan beberapa orang mungkin merasa hidupnya kurang lengkap jika belum menyesap kopi favoritnya. Kopi disebut bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan mengusir kantuk, ketika seseorang harus beraktivitas padat terutama di pagi hari. 

Akan tetapi, banyak juga yang mengaku tidak bisa minum kopi. Mual, pusing, jantung berdebar, dan kembung, merupakan beberapa gejala atau keluhan yang bisa dirasakan seseorang usai meminum kopi. Sebenarnya, mengapa hal ini bisa terjadi?

Keluhan atau gejala-gejala usai minum kopi ini bisa terjadi akibat adanya kesalahan pada metabolisme tubuh. Tubuh Anda mungkin tidak bisa menerima kafein atau terlalu sensitif terhadap kafein.

Bagi yang memiliki masalah pada lambung, perasaan tidak nyaman usai minum kopi juga bisa muncul. Kopi yang diminum saat perut kosong bisa menimbulkan masalah pada pencernaan yang kemudian menyebabkan pusing, mual, kembung, dan jantung berdebar.

YesDok Ads

Meski menimbulkan efek yang kurang nyaman, namun kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, selama kopi yang diminum tetap dalam jumlah atau batas yang wajar. Bahkan meminum secangkir kopi dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko alzheimer, diabetes hingga kanker.

Jadi, masih ingin minum kopi, atau benar-benar akan berpaling dari kopi?

(Foto: roastycoffee.com)

YesDok Ads