Sering Nyeri Bahu Saat Berlari, Kenali Masalah Ini

September 21, 2020 | Iman

Nyeri bahu

Berlari adalah olahraga yang murah dan menyenangkan. Olahraga kardiovaskular ini kerap menjadi pilihan bagi seseorang untuk aktif bergerak. Sayangnya, saat berlari beberapa orang mengeluhkan rasa nyeri pada bahu yang kerap menyiksa. Lumrah kah?

Menurut asisten direktur dan ahli terapi fisik dari New York, Elizabeth Lamontagne, Sakit bahu saat berlari adalah hal biasa. Setengah dari pelari mungkin sering alami hal ini.

Olahraga yang dinamis seperti berlari mengandalkan banyak kelompok otot yang berbeda, termasuk bahu, leher, dan punggung atas. Meskipun otot-otot tubuh bagian atas ini bukan penggerak utama dalam berlari, mereka memainkan peran penting dalam membantu kita berlari dengan postur tubuh yang baik.

Nyeri saat lari tidak boleh dibiarkan, Anda perlu mencari dasar dan penyebabnya sehingga terhindar dari masalah cedera. Berikut adalah yang perlu Anda pelajari ketika bahu sering sakit saat berlari. 

1. Anda baru mulai berlari

Setiap kali Anda memulai aktivitas baru atau meningkatkan intensitas aktivitas saat ini  tubuh Anda akan merasakan efek perubahan saat beradaptasi. Ahli kinesiologi mengatakan Anda perlu cek pelatihan beberapa hari belakangan. Jika Anda mulai berlari setelah jeda yang lama, atau tiba-tiba jarak tempuh Anda meningkat, semua otot termasuk area bahu akan merasakan stres karena peningkatan yang tiba-tiba.

2. Tubuh terlalu tegang

Saat pelari lelah atau mencoba meningkatkan kecepatan, mereka mungkin secara tidak sengaja mengencangkan otot leher dan menaikkan bahu. Pelari lain mungkin secara konsisten menahan ketegangan ekstra di tubuh bagian atas mereka saat mereka melangkah.

Ketegangan berlebih ini dapat menyebabkan kelelahan dan mengencangkan otot dan nyeri bahu. Jika nyeri bahu Anda disertai dengan nyeri rahang dan leher, itu bisa menjadi tanda Anda menahan terlalu banyak ketegangan di tubuh bagian atas saat berlari.

YesDok Ads

3. Memiliki postur tubuh yang buruk

Semua ahli setuju bahwa postur tubuh yang buruk  adalah penyebab utama nyeri bahu saat berlari. Penempatan yang tidak tepat ini dapat menyebabkan trapezius bagian atas dan skapula levator (otot leher yang menghubungkan di bagian paling atas tulang belakang) terlalu banyak bekerja.

Anda mungkin memiliki bentuk lari yang sempurna, tetapi jika tubuh bagian atas Anda buruk maka tidak cukup kuat untuk mempertahankan pemosisian yang tepat sehingga memicu rasa sakit. 

4. Kurang mengayunkan lengan

Mengayunkan lengan secara agresif ke seluruh tubuh saat berlari dapat menyebabkan pectoralis minor berlebihan (otot dada kecil) serta deltoid dan manset rotator Anda. Penggunaan otot-otot ini secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri bahu.

5. Bahu terlalu rileks

Bahu yang terlalu rileks juga keliru. Seringkali ketidakpedulian postur kala berlari dapat menyebabkan bahu Anda terpental dengan setiap hentakan kaki dan menjadi teregang karena terbebani di bawah tekanan.

 

(Foto: shape.com)

YesDok Ads