Sering Merasa Cemas Terhadap Makanan? Mungkin Anda Alami Food Anxiety

January 06, 2022 | Kaifia

Food anxiety

Rasa cemas terhadap makanan bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan dan kecenderungan ini dapat memicu eating disorder.

Makanan berpengaruh besar di dalam kehidupan sehari-hari namun apabila pikiran yang mulai mengganggu seseorang terhadap makanan tertentu, hal tersebut dapat memicu food anxiety serta eating disorder.

Beberapa orang dengan food anxiety merasa takut dengan tekstur tertentu, reaksi alergi atau tersedak. 

Seseorang dapat mengalami kecemasan tanpa memiliki diagnosis tertentu. Beberapa orang mungkin mengandalkan makanan untuk meredakan gejala kecemasannya.

Berikut adalah beberapa diagnosis yang mendasari food anxiety

Anoreksia nervosa

Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang menyebabkan rasa takut dan cemas apabila berat badan bertambah dan memiliki ketakutan saat makan.

Mereka cemas jika berat badan yang bertambah akan berpengaruh pada penampilan tubuh mereka. 

Bulimia nervosa

YesDok Ads

Salah satu gangguan makan ini ditandai dengan mengonsumsi makanan dalam waktu yang singkat akibat rasa kecemasan yang ia miliki.

Kondisi ini cenderung lebih umum pada wanita dibandingkan pria. Gangguan ini berkembang pada masa remaja hingga masuk ke masa dewasa.

Bulimia dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti ketidaseimbangan elektrolit sehingga mengganggu fungsi penting tubuh.

Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan umum dapat memicu rasa kekhawatiran sehingga dapat menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan mental maupun fisik.

Beberapa orang menyalurkan rasa cemas tersebut pada makanan dan hal ini bisa menyebabkan gangguan makan.

Pengobatan

Food anxiety dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Beberapa orang yang memiliki kondisi ini kemungkinan cenderung untuk menghindari acara sosial. Mereka merasa takut bahwa pilihan makanan yang berlebihan sehingga hal tersebut menimbulkan kecemasan.

Kebanyakan orang memerlukan bantuan profesional untuk membantu mengatasinya dan menjalankan proses penyembuhan. Dengan bekerja sama dengan seorang ahli professional, mereka dapat menemukan sebuah mekanisme koping yang lebih aman dan strategi untuk mengalihkan pikiran yang negatif tentang diet.

YesDok Ads