Sering Marah yang Meledak-ledak? Begini Cara Mudah Mengendalikannya

May 13, 2019 | Helmi

Marah merupakan salah satu jenis emosi yang bisa memengaruhi cara Anda mengambil keputusan. Dalam beberapa kasus, ini mungkin membantu Anda mengatasi stres atau masalah lain, tetapi meluapkan marah juga dapat menyebabkan masalah.

Marah akan menjadi masalah jika dibiarkan tidak terkendali. Orang-orang mungkin mengalami agresi atau bahkan hingga masuk ke pertengkaran fisik.

Ada beberapa cara untuk menghindari melakukan atau mengatakan hal-hal yang mungkin akan Anda sesali saat tengah dilanda emosi. Manajemen kemarahan yang baik dapat membantu mengurangi stres dan mengendalikan emosi Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan kemarahan Anda:

Menghitung

Anda dapat mulai dari 100 ke satu. Menghitung membantu menjauhkan fokus Anda dari penyebab kemarahan Anda. Ketika Anda terus menghitung, detak jantung Anda akan melambat hingga amarah Anda mereda.

Menarik Nafas Dalam-dalam

YesDok Ads

Saat menghitung, Anda juga bisa menarik napas dalam-dalam dari hidung. Buang napas keluar dari mulut Anda selama beberapa saat sampai Anda merasa tenang.

Berhenti Bicara, Lalu Pikirkan

Saat marah, orang mengatakan kata-kata yang tidak ingin mereka katakan. Selama bertengkar, pikirkan sebelum Anda berbicara dan jangan biarkan kata-kata berisi amarah meluncur begitu saja. Cobalah untuk tetap diam, kumpulkan kata-kata yang ada di pikiran Anda dan ucapkan ketika Anda sudah tenang.

Jalan-jalan

Anda dapat menenangkan saraf melalui latihan sederhana ini. Keluarlah dari rumah atau kantor untuk berjalan-jalan dan buat anggota tubuh Anda aktif untuk meningkatkan aliran darah dan menjernihkan pikiran Anda dari stres.

Mendengarkan Musik

Putar lagu yang menurut Anda akan membantu Anda menjernihkan pikiran atau mengalihkan perhatian Anda. Bernyanyi atau menari bisa membantu Anda meredakan rasa marah.

YesDok Ads