Sering Dianggap Mengganggu, Ini Manfaat Bulu Hidung

August 24, 2022 | Helmi

Manfaat Bulu Hidung

Sebuah teori menyatakan bahwa terdapat manfaat bulu hidung dapat menyaring udara yang kita hirup dan melindungi kita dari bakteri, virus, dan patogen di udara. 

Sebelumnya pada tahun 1986, sekelompok dokter Inggris yang menulis dalam jurnal medis The Lancet mencatat bahwa bagian dalam dari sebagian besar rongga hidung yang normal benar-benar steril. 

Di sisi lain, ruang depan lubang hidung, rambut hidung yang melapisinya dan kerak yang terbentuk di sana penuh dengan bakteri.

Ini menunjukkan fakta bahwa manfaat bulu hidung bertindak sebagai filter dan sejumlah besar mikroba terperangkap di jaringan rambut yang lembab, yang membatasi ruang depan.

Tapi apakah itu berarti mencukur bulu hidung bisa memudahkan kuman masuk lebih dalam ke saluran pernapasan? Sekitar tahun 2011 kepadatan rambut hidung dipelajari secara ketat sebagai kemungkinan korelasi penyakit. 

Sebuah penelitian terhadap 233 pasien diterbitkan dalam Arsip Internasional Alergi dan Imunologi. Ditemukan bahwa orang-orang dengan bulu hidung yang lebih padat lebih kecil kemungkinannya untuk menderita asma. Para peneliti menghubungkan temuan ini dengan fungsi penyaringan rambut hidung.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang tidak dapat menyebabkan akibat dan asma bukanlah infeksi. Tidak ada studi lanjutan yang dilakukan untuk menilai bagaimana memangkas bulu hidung dapat mempengaruhi risiko asma atau infeksi.

Pada tahun 2015, dokter melakukan penelitian untuk melihat efek dari pemangkasan bulu hidung dan menemukan bahwa pemangkasan menyebabkan perbaikan baik subjektif dan objektif dari aliran udara hidung. 

Peningkatan terlihat pada orang yang memiliki bulu hidung paling banyak. Hasil penelitian ini dipublikasikan di American Journal of Rhinology and Allergy.

Tetapi apakah aliran udara ke hidung berkorelasi dengan risiko infeksi yang lebih tinggi? Mereka sangat kecil sehingga mereka bisa melewati hidung dengan cara apa pun. Berdasarkan penelitian terbatas ini, tidak ada bukti pasti bahwa memangkas bulu hidung dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan.

YesDok Ads