0 Point
Vagina longgar

Sering Berhubungan Intim Bikin Vagina Longgar, Benarkah?

Berkurangnya frekuensi berhubungan intim dapat membuat hubungan Anda merenggang.

Untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan dapat dilakukan dengan rutin berhubungan intim. Namun, banyak yang beranggapan sering melakukan hubungan intim dapat membuat vagina longgar. Lalu benarkah demikian?

Sering berhubungan intim tidak akan membuat vagina menjadi longgar selama aktivitas seksual dilakukan secara normal dan wajar. Vagina yang terangsang memang akan melebar saat berhubungan intim. Hal ini dikarenakan aliran darah pada area sekitar vagina. Untuk diketahui pula, otot vagina bersifat elastis. Sehingga setelah penetrasi selesai maka ukuran vagina akan kembali seperti semula.

Otot-otot vagina tidak lagi kencang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti riwayat persalinan pervaginam dan usia. Vagina dapat melonggar setelah persalinan karena otot vaginan meregang untuk jalan lahir bayi. Jadi, kekencangan ototnya akan sedikit berkurang. Namun jangan khawatir, jaringan otot vagina akan kembali secara bertahap ke ukuran semula. Sedangkan faktor usia, menurunya kadar hormon estrogen dapat memengaruhi kekencangan otot vagina. Umumnya hal ini dialami wanita saat memasuki usia 40 tahun atau fase menopause.

Untuk menjaga agar vagina tidak kendur  bisa dilakukan dengan cara senam kegel. Caranya, mencari tahu posisi otot panggul bawah dengan cara menahan keluarnya urine saat buang air kecil. Setelah itu, kencangkan otot selama 3 detik dan kemudian lemaskan. Selama melakukan nya pastikan Anda mengatur napas agar tetap stabil dan ulangi beberapa kali hingga Anda mulai terbiasa.

Bila Anda sudah terbiasa melakukannya, ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali dengan durasi 10 detik. Lalu, untuk hasil yang maksimal lakukan senam kegel sebanyak tiga kali sehari. Senam kegel dapat dilakukan dengan cara duduk atau berdiri. Lakukan senam kegel dengan saat kondisi tubuh rileks. Serta hindari mengencangkan otot perut, paha dan bokong. Jika Anda merasa tidak nyaman saat melakukannya, maka jangan dipaksakan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait cara yang tepat untuk menjaga vagina tetap kencang.

(Foto: prevention)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok