0 Point
Gejala Parkinson Di Usia Muda

Seperti Apa Gejala Parkinson di Usia Muda?

Penyakit Parkinson di usia muda merupakan salah satu penyakit yang harus dikhawatirkan. Ini bisa sangat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan keluarganya. Seperti apa gejala Parkinson di usia muda?

Ketika Parkinson muncul pada usia yang lebih muda, kemungkinan besar terjadi akibat faktor genetik. Menyadari dan mengenali gejala Parkinson di usia muda dapat membantu seseorang untuk segera mendapatkan perawatan guna mengatasi masalah ini.

Meski umumnya Parkinson sering terjadi di atas usia 60 tahun, namun ada 5 - 10% kasus di mana Parkinson terjadi sebelum seseorang mencapai usia 50 tahun. Beberapa orang bahkan mengembangkan penyakit Parkinson di usia remaja, di mana gejala-gejala mulai muncul sebelum seseorang menginjak usia 20 tahun.

Berkembangnya Parkinson di usia muda dipercaya terjadi akibat kombinasi antara faktor lingkungan dan genetik. Cedera kepala dan paparan racun seperti pestisida, juga disebut berkontribusi terhadap perkembangan penyakit Parkinson di usia yang lebih muda.

Gejala utama penyakit Parkinson diakibatkan oleh rendahnya kadar dopamin di otak. Beberapa gejala memengaruhi gerakan, tetapi banyak orang juga mengalami gejala nonmotorik.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2015, perubahan pada otak menyebabkan Parkinson mulai terjadi 6 tahun sebelum gejala muncul.

Beberapa contoh gejala Parkinson di usia muda yang berhubungan dengan gerakan meliputi:

Gemetar atau tremor

Seseorang yang kerap merasakan gemetar atau tremor pada bagian jari, khususnya ibu jari, maka harus waspada terhadap penyakit Parkinson di usia muda. Tremor merupakan gejala awal yang mudah dikenali.

Selain pada bagian jari, tremor juga bisa berkembang di berbagai bagian tubuh lain, seperti lengan, kaki, tungkai, dagu, dan kepala. Tremor dapat memburuk, apabila ada hal lain yang memicu terjadinya tremor, seperti stres atau kelelahan. 

Tremor biasanya muncul saat tubuh dalam keadaan beristirahat, dan pada orang dengan stres dan kelelahan yang tinggi, gejala tremor bisa berkembang lebih parah.

Kekakuan pada otot

Selain tremor, gejala Parkinson di usia muda yang dapat dikenali adalah ketika anggota tubuh menjadi kaku dan sulit digerakkan. Ini terjadi akibat adanya kekakuan pada otot yang juga bisa menimbulkan rasa nyeri, sehingga tubuh sulit digerakkan.

Gerakan melambat

Gejala Parkinson di usia muda selanjutnya adalah ketika gerakan seseorang mulai melambat. Penderita Parkinson secara perlahan akan memiliki gerakan tubuh yang cenderung lambat, atau bahkan sulit untuk dimulai.

Misalnya, seseorang dengan Parkinson akan kesulitan untuk bangun dari kursi, atau langkah kaki menjadi lebih pendek, ia juga mungkin akan merasakan berkurangnya ekspresi wajah, dan air liur yang mudah keluar dari mulut.

Sulit bicara

Penyakit Parkinson dapat memengaruhi seluruh tubuh, dan ini mengakibatkan penderitanya dapat mengalami kesulitan saat berbicara. Seseorang yang mengalami Parkinson akan berbicara lebih cepat, kurang jelas, atau tergagap-gagap. Selain itu, suara yang dikeluarkan bisa menjadi lebih pelan dibandingkan sebelumnya.

Selain empat hal di atas, ada beberapa gejala Parkinson di usia muda yang bisa dikenali, seperti:

  • Masalah dengan keseimbangan dan koordinasi tubuh
  • Perubahan pada pemikiran atau memori
  • Depresi
  • Sembelit atau inkontinensia urine
  • Masalah tidur
  • Demensia

Jika Anda merasakan berbagai gejala Parkinson di usia muda, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter, sehingga Anda bisa mendapatkan diagnosis yang jelas dan tindakan pencegahan yang diperlukan agar penyakit ini tidak berkembang menjadi lebih parah.

(Foto: parkinsonsnewstoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok