0 Point

Sembuhkan Kecanduan dengan Menggunakan Laser, Bisakah?

Masalah candu pada sesuatu, kadang memang menjadi problematika tersendiri bagi setiap individu. Terlebih jika candu pada hal-hal negatif, yang pastinya mesti segera dicarikan jalan keluarnya.Beruntung jika mereka yang dapat terlepas dengan mudah, bagaimana dengan yang begitu kesulitan?

Guna mengatasi masalah kecanduan ini, para ilmuwan dari Scripps Research mengupayakan sebuah solusi. Caranya adalah dengan menembakkan laser ke bagian otak. Terdengar cukup seram ya?!

Sebenarnya tidak seseram itu. Sinar laser tersebut dipancarkan ke otak, yang mana laser akan meledakkan neuron tertentu yang akan memulihkan ketergantungan atau kecanduan orang tersebut akan sesuatu. 

Sayangnya teknologi laser untuk mengatasi kecanduan ini baru dilakukan pada percobaan yang menggunakan hewan tikus dan belum dilakukan langsung ke manusia.

"Yang sangat menarik dari temuan ini adalah bahwa kami dapat mengendalikan motivasi untuk minum alkohol pada mereka yang sangat kecanduan. Dengan menanamkan serat optik jauh di dalam otak dan menyalaman laser yang menghambat neuron-neuron ini secara dramatis dapat mengurangi kecanduan seseorang untuk meminum alkohol," ujar salah satu Professor yang terlibat dalam penelitian, Olivier George.

Namun sepertinya masih akan sangat lama hingga teknologi ini bisa dinikmati oleh umat manusia. Sebab menurut George, penggunaan teknologi mutakhir semacam ini belum mendapat persetujuan dan mungkin bisa makan waktu hingga 15-30 tahun.

(Photo source: ubergizmo.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok