Semangka Ternyata Baik untuk Ibu Hamil

December 25, 2021 | Claudia

Semangka

Saat hamil, seorang wanita butuh nutrisi tambahan untuk memastikan kondisi tubuh dan janinnya tetap sehat. Untuk itu, menambahkan makanan bernutrisi ke dalam menu harian sangat disarankan. Buah-buahan menjadi salah satu yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah semangka merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan air, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B komplek, serta mineral yang tinggi dalam semangka, menjadikannya sebagai camilan sehat untuk ibu hamil. Tak hanya itu, ada juga sederet manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dari konsumsi semangka, apa saja?

Meredakan morning sickness

Morning sickness adalah gejala umum yang dialami oleh banyak ibu hamil. Ini bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman, seperti mual dan muntah. Semangka yang dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus, bisa membantu meredakan gejala morning sickness yang dialami oleh ibu hamil.

Mengurangi risiko preeklampsia

Likopen yang terkandung dalam buah semangka dapat secara signifikan mengurangi risiko preeklampsia. Kondisi preeklampsia ditandai dengan tekanan darah yang lebih tinggi, retensi cairan, dan peningkatan kadar protein dalam ginjal yang menandakan kerusakan ginjal. Terjadinya preeklampsia dapat menyebabkan persalinan prematur di samping komplikasi kesehatan lainnya.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam buah semangka juga membantu menjaga tubuh ibu hamil tetap terhidrasi. Dehidrasi selama masa kehamilan adalah mimpi buruk, karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kontraksi dini yang bisa berujung pada kelahiran prematur.

Mengatasi heartburn

Semangka juga memiliki efek yang baik untuk perut dan saluran cerna ibu hamil. Efek menyejukkan dari semangka dapat memberi bantuan saat ibu hamil mengalami sensasi terbakar di dada atau heartburn akibat naiknya asam lambung.

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads